Thursday, April 8, 2010

ASmo-Berkharisma Nomor Urut 1

Tuesday, 06 April 2010
WATANSOPPENG(SI) – Tujuh pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) Soppeng telah mendapatkan nomor urut pemilihan.Pasangan Andi Soetomo-Aris Muhammadiah (ASmo- Berkharisma) mendapatkan nomor urut 1.

Paket ASmo-Berkharisma, yang diusung PAN, PPRN, PDP, PKPI, dan PKNU, mengungkapkan bahwa nomor 1 sesuai harapannya sejak awal.Alasannya nomor urut 1 dianggap mudah diingat dan tidak terkalahkan.

“Memang itu (nomor 1) yang saya harapkan karena gampang diingat. Kalau nomor 1 tidak ada yang mengalahkan.Memang itu idaman saya dan memang menginginkan nomor 1. Begitu juga nantinya pada pertarungan nanti harus nomor 1,” kata Andi Soetomo kemarin.

Sementara itu, pasangan Andi Kaswadi Razak-Andi Rizal Mappatunru (AKAR) mendapat nomor urut 2.Bagi pasangan yang diusung Partai Golkar, PDIP, dan PPPI, nomor urut diibaratkan hanya sebuah lagu yang tetap memiliki nama.“Apalah arti sebuah lagu karena tetap memiliki nama, begitulah nomor,”ujar Kaswadi.

Terlepas dari itu,Ketua DPRD Soppeng ini berharap, nomor 2 merupakan pertanda baik. Sebab, dia mengaku saat mendaftar pada urutan ketujuh, kemudian pencabutan nomor 2 dan kebetulan selama ini melekat pada paket AKAR adalah 72.

Begitu juga paket Andi Taufan Made Alie-Sukman Junuddin (ATM-Suka) yang mendapat nomor urut 3. Andi Taufan memaknai angka 3 yang dicabutnya mengatakan, pihaknya telah memprediksi sebelumnya dan meyakini akan memperoleh nomor 3.

“Maknanya, bagi saya itu sebenarnya setiap orang memiliki pandangan berbeda-beda. Namun, setiap ada pertandingan selalu dimulai dengan angka 1, 2, dan diakhiri dengan 3,”paparnya. Nomor urut 3 pun sesuai saran penasihat spiritualnya. “Angka 3 membawa rezeki,bahkan mungkin akan membawa hoki bagi saya,” tuturnya optimistis.

Sementara pasangan Syamsu Niang-Andi Hendra Pabeangi (SAUDARATA) mendapat nomor urut 4.Syamsu Niang menyatakan, angka 4 yang diraihnya merupakan angka keberuntungan bagi SAUDARATA. Apalagi,sejak awal selalu memiliki angka 4 dalam proses pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dilakukannya.

“Memang dari awal saat kami memberikan dukungan di KPU itu tanggal 24,saat mendaftar tanggal 24, penetapan pasangan calon bupati itu tanggal 4.Jadi,angka 4 bagi kami (SAUDARATA) angka keberuntungan memenangkan Pilkada Soppeng. Saya mendapat nomor 4 berarti angka kemenangan,” kata Syamsu Niang.

Sementara pasangan yang diusung koalisi nonparlemen, Andi Herdi-Basra Gising (HIBA), tidak berkomentar banyak.Namun,Andi Herdi menilai angka 5 tersebut merupakan angka yang ideal bagi paketnya.

“Saya kira nomor ini adalah ideal bagi kami karena berada di tengah-tengah.Kalau diurut dari 1–10 kanberada di tengah. Saya kira seperti itu sangat menguntungkan, tidak ada pengaruhnya karena semua nomor sama,”ucapnya kepada SI,kemarin.

Lain halnya paket umara-ulama yang diusung PPP, Gerindra, Hanura, dan Barnas,Andi Sarimin Saransi-Kyai Muda Sulaeman (ASSALAM). Mereka berpendapat, nomor 6 sesuai karakter ASSALAM yang menggambarkan rukun iman dalam Islam. “Enam rukun iman itu intinya dan tidak terlepas dari karakter AS-SALAM.Kami yakini petunjuk dari Allah SWT.

Karena memang kami minta kalau bukan lima ya enam, rukun Islam atau rukun iman. Itu sesuai tagline kami, ternyata yang diperoleh nomor 6, karena sudah jelas Islam, jadi imannya lagi yang diperkuat dan di-permantap,” papar Andi Sarimin.

Sementara pasangan Andi Sulham Hasan-Supriansa (SULAPA) yang mendapat nomor urut 7 merasa senang. Andi Sulham Hasan mengaku bahwa angka 7 merupakan angka yang ditunggu-tunggu untuk membawa keme-nangan di Pilkada Soppeng.

“Itu memang yang ditunggu-tunggu karena angka favorit saya adalah 52,” ujar cabup yang diusung Partai Demokrat, PDK,dan PIB ini. Jadi,jika 5 ditambah 2 sama dengan 7. Sementara dia mengaku dua kali mencabut nomor selalu yang kelima. “Nanti kalau saya kampanye jari saya begini,lima dan dua (52) dan itu memang angka favorit kami, (sambil menunjukkan tujuh jarinya).

Di antara calon lain,angka 7 merupakan angka tertinggi tidak ada yang kalah,”ta-ndasnya. Penentuan nomor urut 7 pasangan cabup-cawabup Soppeng ditetapkan setelah rapat pleno terbuka yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng di DPRD Soppeng,kemarin.

Dari informasi yang dihimpun SI,setelah pencabutan nomor urut, KPU selanjutnya akan memasuki tahapan persiapan logistik pilkada, yakni kertas suara. (abdullah nicolha)

No comments: