Thursday, April 8, 2010

Polres Serukan Pilkada Damai

Tuesday, 06 April 2010
WATANSOPPENG (SI) -- Polres Soppeng menggelar deklarasi Pilkada Damai, setelah tujuh pasangan calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup) Soppeng mendapatkan nomor urut untuk bersaing pada Pilkada Soppeng yang digelar 23 Juni nanti.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Soppeng AKBP Arif Rahman mengungkapkan, dengan terselenggaranya deklarasi tersebut membuktikan tujuh pasangan cabup-cawabup yang akan bertarung di Pilkada Soppeng memiliki komitmen yang sama melaksanakan pilkada secara bebas, jujur, adil,aman,dan lancar.

“Hari ini (kemarin), semua calon akan bersepakat mengikuti proses Pilkada Soppeng secara bersama- sama. Ini sebagai wujud kebersamaan kita semua dan menjunjung tinggi nilai budaya lokal, yakni sipakalebbi sipakatau untuk mewujudkan pilkada damai,jujur, dan adil,”ujar Kapolres di hadapan tujuh pasangan calon dan ratusan masyarakat Soppeng di gedung Dewan,kemarin.

Kapolres dalam kesempatan tersebut membacakan tujuh poin penting isi deklarasi. Di antaranya saling menghormati masing-masing pasangan calon dalam melaksanakan kegiatan kampanye sesuai aturan dan perundang-un-dangan yang berlaku.

Kapolres juga menyarankan menyelesaikan masalah yang terjadi melalui musyawarah mufakat dan menghindari segala bentuk kekerasan, intrik,intimidasi,dan provokasi untuk meraih kemenangan.

“Deklarasi tersebut ditandatangani pasangan calon dengan ikhlas tanpa ada paksaan demi terselenggaranya pilkada yang aman, damai, dan bermartabat,” ungkap Kapolres Soppeng. Poin penting lainnya adalah tidak melakukan praktik jual beli suara, manipulasi suara, dan penyuapan kepada pemilih dan penyelenggara pilkada dalam bentuk apa pun.

Kapolres meminta semua calon menghormati dan menerima hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU Soppeng serta menerima dengan ikhlas kekalahan dan mengakui kemenangan pasangan lain.

Dia juga meminta para calon memberikan pelajaran bagaimana berdemokrasi yang baik kepada masyarakat Soppeng. Deklarasi damai tersebut merupakan seremoni belaka, tetapi yang terpenting adalah bagaimana realisasi dan aplikasinya di lapangan.

“Kami harus yakin, seyakinyakinnya bahwa siapa pun nanti yang terpilih adalah putra terbaik daerah yang dipilih langsung masyarakat. Mari kita laksanakan proses demokrasi ini dengan manis dan elok serta taroada taor gau.Insya Allah,Pilkada Soppeng berjalan aman,”tandasnya.

Ketua Panwaslu Soppeng Abd Rasyid menambahkan, deklarasi damai yang digagas Kapolres tersebut merupakan pertanda bahwa semua pihak di Bumi Latemmamala itu berharap proses pilkada berjalan elegan, aman, jujur, dan adil.

“Bukan semata-mata penanganannya saja,tetapi dari awal akan kami deteksi demi terselenggaranya pilkada yang jujur dan adil,”ujarnya. (abdullah nicolha)

No comments: