Monday, April 5, 2010

7 Pasang Calon Lolos ke Pilkada

Sunday, 04 April 2010
WATANSOPPENG(SI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng menetapkan tujuh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Soppeng pada Juni mendatang.

Dua dari tujuh pasangan calon tersebut adalah dari jalur perseorangan, yakni Andi Taufan Made Alie- Sukman Junuddin (ATM-Suka) dan Syamsu Niang-Andi Hendra Pabeangi (SAUDARATA).

Sementara lima pasangan calon lainnya merupakan usungan partai politik di Bumi Latemmamala tersebut. Lima pasangan calon tersebut, pertama Andi Sarimin Saransi- Kyai Muda Sulaeman (ASSALAM) yang diusung PPP,Gerindra, Hanura, dan Barnas.

Kedua, Andi Soetomo-Aris Muhammadia (ASmo-Berkharisma) PAN,PPRN, PDP,PKPI,dan PKNU. Ketiga, Andi Herdi-Basrah Gising (HIBA) yang diusung 13 parpol. Keempat, Andi Sulham Hasan-Supriansa (SULAPA) diusung Partai Demokrat,PDK,dan PIB. Kelima,Andi Kaswadi Razak- Andi Rizal Mappatunru (AKAR) yang diusung Partai Golkar,PDIP, dan PPPI.

Ketua KPU Soppeng Sulhan mengungkap kan, penyebutan nama cabup-cawabup yang disampaikan dalam jumpa pers seusai rapat pleno tertutup antara anggota dan sekretaris KPU yang dilakukan sejak Sabtu (3/4) malam hingga kemarin merupakan urutan pasangan calon saat mendaftar di KPU Soppeng.

“Jadi, penyebutan nama yang kami lakukan diawali berdasarkan urutan saat calon mendaftar. Jangan sampai ada yang mengatakan kenapa harus Andi Taufan yang pertama dan Andi Kaswadi yang terakhir itu karena kami lihat dari urutan saat mendaftar,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan di ruang rapat KPU Soppeng didampingi empat anggotanya dan sekretaris KPU,kemarin.

Menurutdia,ATM-Suka merupakan pendaftar pertama,disusul ASSALAM, kemudian SAUDARATA dan seterusnya hingga ke pasangan AKAR. Terkait persoalan dukungan dua pasangan dari jalur perseorangan, Ketua KPU Soppeng Sulhan menjelaskan bahwa mereka sudah memenuhi syarat.

Dia menerangkan, pada verifikasi faktual tahap pertama ATM-Suka memiliki kekurangan sekitar 7000- an, sedangkan SAUDARATA kekurangan tiga dukungan. Namun, pada verifikasi tahap kedua, mereka memenuhi dukungan yang disyaratkan. “Hasilnya menyebutkan bahwa keduanya memenuhi syarat dan lolos menjadi calon bupati Soppeng 2010,”tutur Sulhan.

Divisi Humas dan Hukum KPU Soppeng Amrayadi menambahkan bahwa pada tahap pertama penyerahan dukungan ke KPU Soppeng, pasangan ATM-Suka menyerahkan 15.551 dukungan KTP.

Namun,yang memenuhi syarat saat itu 7.829 atau masih memiliki kekurangan 7.197 dukungan. Sementara paket SAUDARATA yang menyerahkan dukungan pada tahap awal sebanyak 19.051 dukungan, tapi yang memenuhi syarat 15.023.

Pada tahap kedua, kata mantan Ketua Panwaslu Soppeng ini, ATM-Suka kembali menyerahkan 9.619 dukungan setelah diverifikasi yang dinyatakan sah 7.910 dukungan. Sementara SAUDARATA menyerahkan dukungan maksimal dari yang disyaratkan sebanyak enam dukungan dari kekurangan tiga dukungan.

“Dari hasil verifikasi yang dilakukan tingkat PPS menyatakan bahwa keduanya memenuhi syarat menjadi calon pada Pilkada Soppeng pada Juni dari batas minimal, yakni 15.026 dukungan atau 6,5% dari jumlah penduduk,” ungkap Amrayadi.

Sementara untuk penentuan atau pencabutan nomor urut cabup- cawabup yang akan bertarung pada Pilkada Soppeng tersebut akan digelar di ruang rapat paripurna DPRD Soppeng pada Selasa (6/4). “Jadi, pada agenda tersebut nantinya undangan akan dibatasi mengingat kapasitas ruangan,”tandas Ketua KPU Soppeng Sulhan. (abdullah nicolha)

No comments: