Saturday, October 11, 2008

6 Anggota DPRD Lutra Tak Masuk Bursa Caleg

6 Anggota DPRD Lutra Tak Masuk Bursa Caleg

Saturday, 11 October 2008

6 Anggota DPRD Lutra Tak Masuk Bursa Caleg

MASAMBA (SINDO) – Sedikitnya enam orang anggota DPRD Kabupaten Luwu Utara (Lutra) tidak mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2009 mendatang.

Ke e n a m a n g g o t a DPRD Luwu Utara dari 30 anggota yang tidak mencalonkan diri sebagai caleg Pemilu 2009,yakni Obet Pepa dan Umar Abadi masing-masing dari Partai Golkar,Andi Yusran Asmal dan Thaha Solo dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Burhan BA dari PPP,dan Ketua DPRD Lutra M LauryKdariPartaiDemokrasi Kebangsaan (PDK).

Selain itu, tercatat dua orang anggota DPRD Lutra mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Sulsel, yaitu Akhmad Ridha dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Achdam Suryab legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP).Karena itu, keseluruhan anggota DPRD Luwu Utara yang masuk kembali sebagai caleg DPRD Luwu Utara Pemilu legislatif 2009 hanya 22 orang.

Ketua DPRD Luwu Utara M Laury K legislator PDK yang dinilai masih memiliki peluang kembali duduk sebagai anggota DPRD tidak mencalonkan diri. Alasannya,dia memberikan kesempatan kepada kader muda potensial PDK tampil sebagai anggota DPRD. ”Sebagai orang tua, saya ingin memberikan kesempatan kepada kader muda maju sebagai caleg pada Pemilu legislatif 2009 mendatang. Kami yang sudah tua wajib memberi kesempatan kepada mereka,”katanya.

Hal sama juga diungkapkan Burhan BA dari PPP bahwa pengabdiannya terhadap rakyat Luwu Utara sudah cukup. Selain itu, proses regenerasi dalam PPP perlu dipertimbangkan, mengingat sumber daya manusia (SDM) dimiliki para kader cukupbaik.”Saat ini perlu tenaga muda dalam mengawal jalannya pemerintahan di Kabupaten Luwu Utara,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Otonomi Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Luwu Utara Sudirman Salomba menyatakan, adanya keputusan enam anggota DPRD Lutra tidak maju sebagai calon legislatif pada Pemilu 2009 mendatang, dapat dikatakan bahwa proses pengaderan partai di daerah ini (Lutra) sudah berjalan.

”Pengaderan sudah berjalan, tetapi jika ada anggota DPRD tidak ingin mencalonkan diri karena nomor urut, itu dapat dinilai belum memiliki kedewasaan. Saya sangat menyesalkan, jika ada anggota Dewan yang tidak maju karena masalah nomor urut,” kata mantan aktivis mahasiswa ini.

Sudirman mengakui, kinerja anggota DPRD Luwu Utara saat ini cukup baik dalam mengawal pembangunan di Kabupaten Luwu Utara.Walaupun masih ada anggota yang dinilai tidak produktif dalam menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat karena usia dan SDM yang dimiliki kurang mendukung.

Sekadar diketahui, lima dari enam anggota DPRD Luwu Utara yang tidak mendaftarkan diri sebagai caleg Pemilu 2009 tersebut yakni pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) kecuali A Yusran Asmal dari PKS. (abdullah nicolha)

6 Anggota DPRD Lutra Tak Masuk Bursa Caleg

No comments: