Friday, October 10, 2008

KPU Cetak 234.417 Surat Suara

Friday, 10 October 2008

LUWU(SINDO) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu mencetak 234.417 lembar surat suara untuk Pemilu Kepala Daerah Luwu yang digelar 29 Oktober 2008 mendatang.

”Surat suara tersebut sesuai jumlah pemilih yang telah terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Luwu sebanyak 228.699 orang pemilih ditambah 2,5% dari jumlah tersebut per tempat pemungutan suara (TPS),” kata Ketua KPU Luwu Zul Arrahman kepada SINDO kemarin.

Tambahan surat suara 2,5% tersebut merupakan bahan cadangan sesuai aturan KPU dan mengantisipasi apabila ada surat suara yang cacat dan pemilih pindah TPS ka-rena tugas yang mengharuskan pindah tempat tinggal.

”Kendati demikian,mereka dipastikan telah terdaftar di DPT dan memiliki kartu pemilih serta memiliki keterangan dari PPS setempat atau mereka yang menjadi saksi salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati,”jelas dia.

Ketua panitia tender surat suara KPU Luwu Mansyur Samani menjelaskan, selain surat suara, pihaknya juga telah menerima kartu pemilih 228.699 keping sesuai jumlah pemilih di daerah tersebut. ”Jadi, kartu pemilih harus sesuai jumlah pemilih yang ada, tak boleh kurang atau lebih,”ungkapnya.

Selain itu, KPU juga mencetak surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan suara tiap TPS sebanyak jumlah pemilih yang terdaftar di DPT. Bahan logistik pemilu kepala daerah itu juga dilengkapi DPT 1.210 set, salinan DPT sebanyak 2.420 set, rekapitulasi jumlah pemilih terdaftar tingkat Kabupaten Luwu, PPK, dan PPS masing-masing 5 set.

Mansyur berharap, surat suara yang sudah sampai di KPU Luwu tidak mengalami kebocoran serta tidak memiliki kerusakan yang berlebih. ”Surat suara yang rusak itu wajar,mengingat lamanya berada dalam boks sehingga lipatannya mudah rusak,semoga saja tidak mengalami kerusakan yang signifikan,” ucapnya kepada SINDO di ruang kerjanya kemarin.

50 Surat Suara Rusak

Pendistribusian surat suara yang dilakukan PT Otoda Sukses Mandiri Abadi (Osama) Jakarta sebagai pemenang tender beberapa waktu lalu, tiba di Kantor KPU Luwu sekitar pukul 06.00 Wita kemarin dan diterima langsung oleh Ketua KPU Luwu Zul Arrahman.

Setelah menerima surat suara tersebut, KPU Luwu langsung menyortir sekitar pukul 11.00 Wita oleh 29 orang staf KPU Luwu.Hingga kemarin,mereka telah menemukan lebih dari 50 surat suara yang rusak.

”Sementara ini kami menemukan lebih dari 50 surat suara yang rusak dan itu akan bertambah karena penyortiran baru memasuki hari pertama, mudah-mudahan tidak terlalu signifikan,” tutur Sekretaris KPU Luwu Masdar.

Penyortiran tersebut dilakukan selama tujuh hari ke depan guna memaksimalkan waktu yang ada. ”Itu target kami, yang masuk dalam tahapan pemilu kepala daerah ini mudah-mudahan dapat segera diselesaikan sesuai jadwal,” ujar dia.

Kendati sebagian logistik Pemilu Kepala Daerah Luwu 2008 telah didistribusikan, masih memiliki kekurangan untuk alat bagi mereka yang tuna netra,yakni berupa template (alat coblos) sebanyak 605 TPS yang ada di Luwu,. ”Jadi, tinggal template yang belum ada.

Sementara logistik lain sudah sampai di Kantor KPU Luwu, insya Allah, nanti malam sudah sampai di sini (Belopa),” paparnya. Sementara itu, terkait surat suara yang dinyatakan rusak, pihak KPU Luwu akan meminta pihak PT Osama (pemenang tender) untuk diganti.

”Kami dalam waktu dua hari ke depan akan meminta perusahaan segera mengganti surat suara yang cacat,”ujar Ketua KPU Luwu Zul Arrahman. (abdullah nicolha)

No comments: