Wednesday, April 22, 2009

Protes Saksi di Mamuju Berlanjut

Tuesday, 21 April 2009
MAMUJU(SI) – Protes saksi terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju terkait rekapitulasi suara kemarin,berlanjut.Kali ini sejumlah saksi dari partai politik (parpol) dan calon DPD mempersoalkan suara sah dan batal.

Penyebabnya,KPU tidak memperlihatkan jumlah suara sah dan batal yang telah diserahkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) tersebut. Para saksi menuding ada indikasi kuat kecurangan dalam proses tersebut. “Kami minta KPU memperlihatkan kepada kami jumlah suara sah dan batal di setiap kecamatan.

Tujuannya, kami dapat mencocokkan dengan data yang dimiliki,” kata salah seorang saksi dari Partai Bintang Reformasi (PBR),Lalu Tuhiriadi,24,di hadapan KPU dan puluhan saksi yang hadir dalam rekapitulasi KPU Mamuju kemarin. Senada diungkapkan salah seorang saksi dari calon DPD Jufri, 29,bahwa seharusnya pihak penyelenggara membeberkan kepada para saksi tentang jumlah suara sah dan suara batal untuk tiap kecamatan karena indikasi tersebut. “Kami minta KPU memperlihatkan itu untuk mencocokkan data yang dimiliki.

Sehingga kami tidak akan kebingungan menjumlahkan semuanya,”ungkapnya. Kendati telah mendapatkan protes dari sejumlah saksi, pihak KPU tidak menggubris permintaan mereka dan tetap melanjutkan proses rekapitulasi. Merasa tidak digubris, sejumlah saksi yang melayangkan protes itu pun keluar dari ruangan rekapitulasi KPU. “Nanti setelah rekapitulasi rampung, baru kami akan membeberkan jumlah suara sah dan batal secara keseluruhan,” ujar Ketua KPU Mamuju Zainal Abdin di hadapan para saksi kemarin.

Pihak KPU dalam proses rekapitulasi suara tersebut tidak transparan membeberkan hasil pemilu di tiap kecamatan.Dengan tidak diperlihatkannya suara sah dan batal untuk tiap kecamatan, kami tidak akan dapat mengetahui jumlah suara yang sah dan batal. (abdullah nicolha)

No comments: