Friday, March 5, 2010

Kabupaten Soppeng Susun Rancangan Peraturan Daerah Pendidikan

Friday, 05 March 2010
WATANSOPPENG (SI) – Kabupaten Soppeng menjadi daerah pertama di Provinsi Sulsel yang membuat rancangan peraturan daerah (raperda) pendidikan.

“Kami perlu sampaikan bahwa satu-satunya kabupaten di Indonesia yang mendapat kesempatan untuk bersama menyusun raperda pendidikan adalah Kabupaten Soppeng,” kata Chief Of Party DBE1 USAID Dan Muolton yang hadir di acara konsultasi publik draf raperda pendidikan di Soppeng,kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikmudora) Kabupaten Soppeng Andi Endang Supiati dalam sambutannya, mengklaim telah banyak melakukan penguatan pendidikan di daerah tersebut. ”Sejak 2005, telah banyak melakukan kegiatan dalam rangka penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik pendidikan,” kata Andi Endang Supiati.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut telah melahirkan beberapa dokumen penting dalam bidang pendidikan, di antaranya dokumen rencana pengembangan kapasitas (RPK) Dinas Dikmudora Soppeng, dokumen revisi renstra 2005–2010 Dinas Dikmudora, dokumen biaya operasional satuan pendidikan (BOSP), dokumen analisa keuangan pendidikan kabupaten (AKPK).

Bupati Soppeng Andi Soetomo mengatakan, penyelenggaraan konsultasi publik draf raperda tentang penyelenggaraan pendidikan dimaksudkan meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Soppeng. ”Sekaligus wujud nyata perhatian pemerintah daerah dalam mengakselerasi pembangunan pendidikan,

hal tersebut telah tertuang dalam visi-misi pembangunan daerah ini dengan menempatkan sektor pendidikan sebagai strong pointkedua setelah sektor pertanian yang tergambar dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD),”ujarnya.

Karena itu, sangat diperlukan curahan perhatian yang optimal dari kami semua selaku pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mencoba merumuskan regulasi pendidikan di Kabupaten Soppeng.

”Kelak,mutu pendidikan di daerah ini dapat ditingkatkan dan Soppeng yang kita kenal sebagai lumbungnya orang-orang pintar dan berhasil,akan kembali seperti ini,”tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: