Friday, March 5, 2010

Pemilih di Soppeng Dipastikan Bertambah

Friday, 05 March 2010
WATANSOPPENG(SI) – Jumlah pemilih di Kabu-paten Soppeng pada pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di Bumi Latemmamala yang akan digelar 23 Juni 2010 mendatang,dipastikan meningkat.

Dari data yang dihimpun harian Seputar Indonesia (SI), jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan presiden (pilpres) lalu hanya 174.263 jiwa, sementara daftar pemilih sementara (DPS) sebanyak 177.256 jiwa.

Divisi Pemutakhiran Data KPU Soppeng Pammeka mengungkapkan, pihaknya memastikan jumlah penduduk yang memiliki hak pilih pada Pilkada Soppeng 2010 mendatang dipastikan bertambah dari jumlah sebelumnya.

Menurut dia,dari pemutakhiran data yang sementara dilakukan, menunjukkan jumlah dalam DPS berjumlah 177.256 jiwa, sedangkan pada pilpres lalu DPT berjumlah 174.263 jiwa. “Sampai saat ini sudah ada penambahan sebanyak 2993 pemilih,” katanya kepada wartawan via ponselnya, kemarin.

Dia juga memastikan jumlah tersebut masih akan mengalami penambahan, sebab pemutakhiran data hingga saat ini masih berjalan dan belum ditetapkan. “Jumlah ini saya kira masih akan bergerak naik hingga DPS ini ditetapkan pada Sabtu (13/3),” ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun, sebelum DPS tersebut ditetapkan, pihak penyelenggara pilkada akan menyerahkan daftar tersebut kepada masing-masing calon untuk diteliti.

“Rencananya sebelum ditetapkan,DPS ini akan kami serahkan ke masing-masing pasangan calon untuk diteliti, jangan sampai masih ada simpatisan dan pendukung mereka tidak terdata. Kami mengharapkan ada masukan dan saran masing-masing kandidat sebelum DPS ini diplenokan untuk ditetapkan,” tandasnya.

Senada diungkapkan Ketua KPU Soppeng Sulhan bahwa pihaknya juga memastikan akan ada penambahan dari jumlah pemilih. Pasalnya, banyak masyarakat saat pilpres lalu belum memenuhi umur untuk memiliki hak pilih. “Otomatis dalam proses pemutakhiran data ini sudah ada yang memenuhi syarat menjadi pemilih,” paparnya kepada SI via ponselnya,kemarin.

Hingga kini dalam tahapan pemutakhiran data DPS, sudah ada penambahan pemilih, sementara hal tersebut akan mengalami penambahan sebelum penetapan DPS dan DPT pilkada mendatang.

Sebelumnya, Bupati Soppeng Andi Soetomo saat penyerahan DP4 ke KPU beberapa waktu lalu, meminta seluruh kepala kecamatan di daerah tersebut memberikan bantuan kepada penyelenggara pemilu di Bumi Latemmamala, dalam hal pemutakhiran data pemilih.

“Saya mohon para camat dapat membantu dan memfasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng mulai pemutakhiran data hingga penetapan DPS dan DPT,” ungkapnya di hadapan puluhan pegawai yang hadir pada acara penyerahan data ke KPU Soppeng di ruang pola kantor bupati, beberapa waktu lalu.

Soetomo juga berharap, KPU melakukan pemutakhiran data yang akurat dan valid. Dengan begitu, semua penduduk yang mempunyai hak pilih terdaftar dalam daftar pemilih tetap. “Saya sangat mengharapkan kepada KPU, setelah DP4 diserahkan sedapat mungkin dimutakhirkan dengan data yang akurat,”tandasnya.

Ketua KPU Soppeng Sulhan menyatakan, pemutakhiran data tersebut merupakan kewajiban penyelenggara pemilu yang harus dilakukan. (abdullah nicolha)

No comments: