Sunday, March 7, 2010

Panitia Khusus Jadwalkan Panggil Bupati Mamasa Obednego Depparinding

Sunday, 07 March 2010
MAMASA (SI) – Panitia Khusus (Pansus) defisit APBD Mamasa 2009 sebesar Rp63 miliar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat (Sulbar) menjadwalkan akan segera memanggil Bupati Mamasa Obednego Depparinding dan mantan Bupati Mamasa HM Said Saggaf.

Hal tersebut terungkap dalam rapat pansus yang dipimpin Ketua Pansus Yohanis Karatong dan enam anggota pansus yakni Taufik, Junaedi,Metucalach Z Ratu,David Bambalayuk,Aco Mea,dan Bongga Langi dengan agenda pemanggilan sejumlah pihak yang terkait. Keduanya dipanggil karena dianggap mengetahui penyebab defisit APBD 2009 sebesar Rp63 miliar.

Selain orang nomor satu dan mantan penguasa di Mamasa tersebut, sejumlah pihak yang diduga mengetahui asal-muasal defisit tersebut juga akan dipanggil. Mereka di antaranya, Sekkab Mamasa Benhard Buntutiboyong dan sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yakni, Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Dinas Pendidikan, pihak Rumah Sakit Minake, dan dua kepala bagian (Kabag) Keuangan Pemkab Mamasa era kepemimpinan M Said Saggaf yakni Yusuf Kadir dan Lonny Mallu.

“Pihak-pihak tersebut segera akan kami panggil untuk dimintai keterangannya terkait masalah itu,”kata Ketua Pansus Defisit Yohanis Karatong kepada wartawan seusai menggelar rapat pansus di DPRD Mamasa akhir pekan lalu.

Yohanis mengungkapkan bahwa, Pansus dibentuk untuk mencari kebenaran material atas masalah itu agar tidak terjadi fitnah kepada pihak-pihak tertentu.

“Pansus akan mencaritahu apakah defisit yang dimaksud oleh pihak ekesekutif itu riil atau tidak.Pansus juga akan mengungkap apakah defisit dimaksud sesuai aturan atau apakah defisit itu terjadi karena defisit program atau utang,” katanya kepada sejumlah wartawan.

Data yang dihimpun Harian Seputar Indonesia (SI), rencananya, pemanggilan terhadap petinggi Mamasa dan mantan bupati itu serta sejumlah instansi setempat direncanakan selama11 hari.

Mantan Bupati Mamasa HM Said Saggaf rencananya akan dipanggil dan dimintai keterangannya pada 15 Maret.Sementara Bupati Mamasa Obednego Depparinding pada 22 Maret mendatang.

Anggota Pansus Defisit DPRD Mamasa Metusalach Z Ratu juga mengingatkan kepada sesama anggota pansus agar serius dan konsisten bekerja untuk menjaga kredibilitas dewan di depan mata masyarakat karena telah mendapat kepercayaan mewakili mereka di DPRD Mamasa.

“Kita dipercaya rakyat untuk mewakili mereka,hendaknya kita jangan menyia-nyiakan kepercayaan tersebut. Suara sumbang dari Masayarakat yang meragukan kinerja Pansus hendaknya kita dapat jadikan motivasi agar kita dapat bekerja lebih baik, sehingga masyarakat dapat melihat bahwa pembentukan pansus tidak sia-sia,”katanya.

Informasi yang dihimpun, keputusan tersebut diambil setelah Pansus melakukan studi banding ke Kota Parepare Sulsel dan Kota Malang Jawa Timur.Yohanis sendiri mengaku, pihaknya baru mengetahui jika terdapat defisit dengan angka yang cukup besar itu setelah APBD Mamasa 2010 disahkan. (abdullah nicolha)

No comments: