Thursday, March 11, 2010

Kapolres Jamin Anggotanya Netral

Thursday, 11 March 2010
WATANSOPPENG(SI) – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Soppeng Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Arif Rahman menjamin seluruh anggotanya akan bersikap netral pada Pilkada Soppeng Juni mendatang.

“Saya jamin anggota saya netral karena penegak hukum berdiri di tengah dan tidak akan memihak salah satu calon,”ungkap Kapolres saat menerima cawabup SULAPA Supriansa bersama ketua tim pemenangan Haeruddin Tahang dan juru kampanyenya,Akbar Endra,di ruang kerjanya,baru-baru ini.

Menurut Kapolres, netralitas adalah harga mati bagi jajaran kepolisiandiSoppeng. Diamenyebutkan, jika nanti dalam tahapan pilkada tersebut ditemukan ada anggotanya yang berpihak kepada salah satu calon,akan ditindak tegas.

“Polisi merupakan stabilisator dan rawan jika berpihak.Jika seandainya nanti di lapangan ada oknum yang ditemukan dan terbukti mengabaikannya (tidak netral), akan ditindak sesuai aturan yang berlaku,”ungkapnya.

Pihaknya juga akan memberikan ketegasan dengan melakukan pembinaan.“Jika nanti tidak bisa dibina, akan dimutasi ke daerah lain,” tandasnya. Pihaknya telah menyampaikan masalah tersebut pada Kapolda Sulselbar Irjen Pol Adjang Rochjana.

Komitmen tersebut telah direalisasikan dalam bentuk surat imbauan kepada Pemkab Soppeng dan jajarannya yang juga ditembuskan kepada Kapolda Sulselbar, bupati, dan unsur muspida setempat.

Kapolres berjanji akan menjaga komitmen tersebut hingga proses pilkada selesai. “Hingga saat ini saya belum pernah menggelar pertemuan khusus dengan calon, kecuali dalam agenda resmi,baik di kantor bupati maupun di gedung DPRD,”tuturnya.

Di Mapolres Soppeng, terpasang baliho (spanduk) berukuran besar bertuliskan, netralitas kepolisian dalam Pilkada Soppeng adalah “harga mati”yang harus dilakukan.

Sementara itu, cawabup Supriansa mengungkapkan, Kapolres Soppeng yang menyatakan bersikap netral merupakan langkah awal yang baik menjelang pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Latemmamala tersebut. “Ini adalah langkah yang baik yang ditunjukkan Polres,”katanya. (abdullah nicolha)

No comments: