Thursday, May 20, 2010

Dewan Kunjungi Pasar Cabbenge


KALKULASI. Wakil Ketua APP Sopppeng Jamaluddin (kanan) mendampingi Ketua APP Soppeng H Bakri (kiri/peci) saat mengalkulasi data dan dokumen pengucuran dana bantuan sosial kepada pedagang pasar Cabbenge di gedung dewan baru-baru ini. (FOTO: Abdullah Nicolha).

Thursday, 20 May 2010
WATANSOPPENG(SI) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Soppeng hari ini mengunjungi Pasar Cabbenge di Kecamatan Lilirilau, terkait ada indikasi penyimpangan dana bantuan sosial untuk pedagang.

Kunjungan tersebut guna mengklarifikasi dan melihat realisasinya di lapangan. “Insya Allah,besok kami langsung meninjau pedagang pasar untuk melihat langsung realisasi bantuan tersebut,”ungkap anggota Komisi II DPRD Soppeng Abd Salam Djale kepada harian Seputar Indonesia (SI) di gedung Dewan, kemarin.

Menurut dia, pihak Dewan memilih Jumat karena hari berkumpulnya para pedagang pasar sehingga memudahkan berdialog dengan pedagang. “Jumat adalah hari pasar di Cabbenge. Jadi, sangat cocok untuk berkunjung karena sedang ramai-ramainya,” ungkap legislator PPPI Soppeng ini.

Dari informasi yang dihimpun, selain Jumat, hari pasar untuk para pedagang di Pasar Cabbenge itu adalah Senin.Namun, melihat agenda di DPRD yang padat, jadi lebih memungkinkan melakukan kunjungan pada Jumat.

Setelah melakukan kunjungan, Dewan kembali membahas hasil temuan dan mengklarifikasi fakta-fakta di lapangan. “Kemungkinan kami akan kembali membahas pada Senin pekan depan,” pungkasnya.

Plt Ketua DPRD Soppeng Syahruddin M Adam mengungkapkan bahwa sesuai hasil rapat dengar pendapat kemarin,semua anggota Dewan sepakat meninjau langsung Pasar Cabbenge. “Semua anggota Dewan belum puas dengan keterangan yang disampaikan pihak asosiasi,”ujarnya.

Pihaknya hingga kini belum dapat mengambil keputusan terkait pengucuran dana bantuan sosial kepada pedagang karena data yang disampaikan pihak Asosiasi Pedagang Pasar sangat berbeda dengan laporan masyarakat.

“Jadi, kami mau lihat realisasi dan fakta di lapangan,”tandas legislator Golkar yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Soppeng periode lalu ini.

Keputusan melakukan kunjungan langsung itu diambil setelah Dewan menggelar dengar pendapat dengan Asosiasi Pedagang Pasar Soppeng dan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Soppeng terkait pengucuran dana bantuan sosial kepada pedagang Pasar Cabbenge yang diduga menyalahi prosedur.

Keterangan yang disampaikan pihak Asosiasi Pedagang Pasar di hadapan Dewan menyebutkan bahwa bantuan sosial untuk pedagang mencapai Rp1,3 miliar lebih dan telah direalisasikan ke sejumlah pedagang sekitar Rp600 juta.

“Jadi, masih tersisa sekitar Rp700 juta,” papar Wakil Ketua APP Soppeng Jamaluddin saat mendampingi Ketua APP Soppeng H Bakri saat dengar pendapat di gedung Dewan,baru-baru ini. (abdullah nicolha)

No comments: