Tuesday, May 18, 2010

KPU Soppeng Siapkan Rp100 Juta

Tuesday, 18 May 2010
WATANSOPPENG(SI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng menyiapkan dana Rp100 juta untuk menggelar debat kandidat selama tiga hari.

Ketua KPU Soppeng Sulhan mengatakan, mekanisme dalam tahapan kampanye, yakni menyelenggarakan pemaparan visi-misi serta debat calon bupati dan wakil bupati.Tahap tersebut dilaksanakan lebih awal sebelum rapat akbar digelar.

“Jadi, sebelum kampanye terbuka, kami menggelar pemaparan visi-misi dan debat kandidat di gedung Dewan pada awal masa kampanye. Itu merupakan kesepakatan bersama dengan ketujuh tim pasangan calon,”katanya kemarin.

Kendati dilaksanakan selama tiga hari,debat kandidat tetap terhitung lima kali. Pada hari pertama dan kedua debat calon bupati dan wakil bupati,sedangkan hari ketiga hanya calon bupati. “Jadi, tetap terhitung lima kali,”ujarnya.

Dari data yang dihimpun Seputar Indonesia (SI), tahapan kampanye Pilkada Soppeng dimulai pada 6 Juni diawali visi-misi, kemudian pada 7–9 Juni debat kandidat.Untuk kampanye terbuka atau rapat akbar digelar sejak 10–19 Juni.

“Kami menyiapkan sekitar Rp100 juta untuk acara debat kandidat selama tiga hari,”ungkapnya. Sementara untuk rapat akbar atau kampanye terbuka, setiap calon diberi kesempatan dua kali di zona yang telah ditentukan.

Dia menjelaskan, pada pekan pertama, setiap calon diberi kesempatan satu hari penuh melakukan kampanye. Sementara pada tiga hari masa kampanye, dalam sehari ada calon yang bersamaan menggelar kampanye,tetapi di zona berbeda.

“Tetapi, itu bergantung setiap calon, apakah dia menggunakan hari itu untuk kampanye akbar atau tidak.Yang jelas kami berikan kesempatan seperti itu,”pungkasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun SI, jadwal pada hari dan pekan pertama kampanye terbuka, paket nomor urut 3 Andi Taufan Made Alie-Sukman Junuddin (ATM-Suka) memiliki kesempatan pertama di zona C, yakni Kecamatan Lalabat dan Ganra, dan akan diakhiri paket Syamsu Niang-Andi Hendra Pabengi (SAUDARATA).(lihat tabel).

Sementara pada pekan kedua, yaknipada17–19Juni,SAUDARATA dan ASmo-BERKHARISMA akan berkampanye pada hari yang sama.

Begitu juga paket HIBAH dan ASSALAM Jumat (18/6),paket AKAR, SULAPA,dan ATM-Sukaakanmenggelar kampanye bersamaan pada hari terakhir Sabtu (19/6). “Jadi,semua tim pasangan calon bupati telah sepakat dengan jadwal tersebut,” ungkap Bidang Humas dan Hukum KPU Soppeng Amrayadi SH kepada SI via ponselnya.

Dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng, KPU membagi dalam tujuh zona, yakni Kecamatan Marioriawa masuk zona A, Donri-Donri (zona B), Lalabata- Ganra (zona C), Lilirilau (zona D), Liliriaja (zona E),Citta (zona F),dan Kecamatan Marioriwawo (zona G).

Anggota KPU Marwis juga menjelaskan, pekan pertama setiap calon hanya diberi kesempatan kampanye terbuka, yakni di Lapangan Gasis Kecamatan Lalabata. “Jadi, kalau mau rapat tertutup silakan, yang jelas kampanye terbukanya di satu lokasi itu,” tandasnya kepada wartawan,kemarin.

Adapun untuk pekan kedua, yakni pada 17–19 Juni, calon juga diberi kesempatan melakukan kampanye akbar dengan ketentuan tempat sesuai jadwal yang telah disepakati bersama. Pada 17 dan 18 dua calon, sementara pada hari terakhir 19 Juni ada tiga calon. (abdullah nicolha)

No comments: