Wednesday, May 19, 2010

Dewan Setujui Tanah Hibah untuk KPU

Wednesday, 19 May 2010
WATANSOPPENG (SI) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Soppeng memberikan rekomendasi persetujuan terkait tanah hibah untuk pembangunan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Soppeng.

Rekomendasi diberikan setelah Dewan meninjau lokasi kawasan perkantoran Salotungo,Kecamatan Lalabata. “Kami telah memberikan persetujuan kepada pemda untuk tanah hibah pembangunan Kantor KPU Soppeng,” ungkap Plt Ketua DPRD Soppeng Syahruddin M Adam kemarin.

Hal senada diungkapkan Ketua Fraksi Amanat Nasional (FAN) Muh Absar Abbas Sabbi. “Jadi,Dewan menilai tanah itu layak karena gudang logistik KPU berada di sana,” ungkap Ketua Fraksi Amanat Nasional DPRD Soppeng ini kepada Seputar Indonesia (SI) kemarin.

KPU juga telah menjamin tidak akan mengganggu aktivitas kerja sejumlah SKPD yang berada di lokasi tersebut.Alasannya, KPU selalu rawan didatangi pengunjuk rasa. “KPU juga telah menjamin hal itu, sementara dananya dari KPU pusat,”ujarnya.

Ketua KPU Soppeng Sulhan menyebutkan, rekomendasi persetujuan tanah hibah tersebut akan disertakan permintaan pembangunan kantor ke KPU pusat.“ Pengajuan tersebut memang harus dilengkapi keputusan pemda dan Dewan terkait lokasi atau lahan yang akan dihibahkan,” tuturnya.

Menurut dia, berdasarkan hasil koordinasi dengan kepala biro perencanaan KPU pusat Juli 2009, pihak pemerintah kabupaten (pemkab) setempat agar berkenan menyiapkan lahan atau tanah untuk pembangunan kantor, sementara pembangunan fisik ditanggung KPU pusat.

“Jadi, pembangunan kantor tersebut bersumber dari APBN melalui KPU pusat.Sementara lahan atau lokasi diminta dari pemerintah kabupaten dalam bentuk hibah, yang juga akan menjadi aset daerah,”tuturnya.

Dalam pengajuan pembangunan kantor tersebut pihaknya harus memenuhi syarat kelengkapan sebelum diajukan, di antaranya sertifikat tanah, hak guna bangunan (HGB), rencana anggaran biaya (RAB),foto lokasi.

Menanggapi surat KPU tersebut, pihak Pemkab dalam hal ini Bupati kemudian bersurat ke DPRD setempat agar mendapatkan persetujuan terkait penyediaan lahan pembangunan Kantor KPU Soppeng dalam bentuk hibah.

Dia masih enggan berkomentar banyak terkait jumlah anggaran yang diajukan ke KPU pusat untuk pembangunan Kantor KPU Soppeng. Namun, dia mengaku telah membuat gambar kantor dan RAB serta siap diserahkan ke pusat.

“Jadi, gambar telah ada dan RAB sudah siap. Anggarannya nanti sekitar Rp1 miliar lebih dan rata-rata daerah mengajukan angka bervariasi,”tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: