Friday, October 15, 2010

43 Kuota Haji Maluku Utara Lowong

Thursday, 14 October 2010
MAKASSAR (SINDO) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Maluku Utara (Malut) Abd Rahman Kharie mengungkapkan bahwa kuota haji untuk daerah tersebut pada pemberangkatan haji tahun ini mencapai 1.106 orang.

Namun,dari kuota yang telah disediakan tersebut,Panitia Pengurus Ibadah Haji (PPIH) setempat hingga jadwal pemberangkatan hanya mampu memberangkatkan calon jamaah haji (calhaj) sebanyak 1.063 orang sehingga masih menyisakan (lowong) kuota 43 orang.

“Kondisi tersebut terkendala karena sistem yang digunakan, yakni urut kacang serta mepetnya waktu yang diberikan setelah penambahan kuota haji diberikan,” kata Kakanwil Kemenag Malut Abd Rahman Kharie kepada SINDO di Asrama Haji Sudiang Makassar,kemarin.

Dia menyebutkan,kuota awal untuk Malut sebanyak 1.065 orang kemudian ditambah sebanyak 41 kuota menjadi 1.106.“Penambahan kuota itu dilakukan hanya satu minggu sebelum pelunasan,jadi mepetnya waktu sehingga tidak mampu diisi semua,karena masih banyak calhaj yang berasal dari daerah terpencil yang sulit dijangkau,”jelasnya.

Kendati memiliki kuota hingga 1.106 orang namun,PPIH setempat masih mengacu pada kuota awal yakni 1.065, itu pun masih berkurang dua orang karena meninggal dunia setelah segala pengurusan haji telah dirampungkan.

“Jadi, yang berangkat tahun ini sebanyak 1.063 orang dari kuota awal 1.065 orang, ”pungkas dia.

Kasi Urais dan Umrah Kanwil Kemenag Maluku Utara Idris Kamal menyebutkan, dua kloter asal Maluku Utara telah tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar yakni kloter VI dan VII sementara kloter VIII baru akan diberangkatkan dari Bandara Sultan Babula Ternate besok (hari ini).

“Dua kloter asal Maluku Utara sudah berada di Asrama Haji Sudiang dan tinggal satu kloter lagi yakni kloter VIII yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Malut Abd Gani Kasuba yang dijadwalkan tiba besok,”katanya.

Dia menambahkan, kendala yang dihadapi sehingga kuota haji tidak terisi full atau banyak yang lowong karena masa pelunasan biaya haji pasca penambahan kuota sebanyak 41 orang hanya berselang seminggu. (abdullah nicolha).

No comments: