Thursday, October 14, 2010

Fasilitas Pemondokan di Asrama Haji Memadai

Wednesday, 13 October 2010
MAKASSAR (SINDO) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar mengatakan, jumlah kamar dan tempat tidur di Asrama Haji Sudiang masih memadai untuk menampung seluruh calon jamaah haji (calhaj) dari delapan provinsi.

Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar A Syahrulyali R mengatakan, jumlah fasilitas tempat tidur di Asrama Haji mencapai 1.800 unit.Sementara saat ini yang digunakan hanya sekitar 700 tempat tidur.

Hal tersebut disebabkan dalam sehari,hanya terdapat satu hingga dua kloter calhaj yang masuk di Asrama Haji Sudiang.

“Jumlah calhaj untuk dua kloter tersebut paling banyak mencapai 700 orang sehingga jumlah kamar di Asrama Haji Sudiang masih sangat memadai,” katanya kepada SINDO kemarin.

Bahkan fasilitas tempat tidur yang disediakan dapat digunakan untuk empat kloter .“Asrama ini memiliki kapasitas untuk menampung 1.800 calhaj dan dengan jumlah ini bisa digunakan untuk empat kloter,”tuturnya.

Dengan demikian, masih ada 1.100 tempat tidur di Asrama Haji Sudiang yang tidak digunakan menampung calhaj yang diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar yang berasal dari delapan provinsi.

Kondisi tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun ini hanya menerima satu hingga dua kloter calhaj setiap hari. Satu kloter maksimal terdapat 355 calhaj, sesuai jumlah kursi di pesawat.

“Jumlah kloter yang diterima di Asrama Haji Sudiang ini disesuaikan dengan jadwal penerbangan, kami hanya bisa mener-bangkan satu kloter calhaj dalam sehari,” paparnya.

Jumlah penerbangan tersebut disesuaikan dengan kondisi di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah yang sangat sibuk melayani penerbangan selama musim haji.

“Jika dalam sehari kami mengirimkan lebih dari satu kloter, kemungkinan besar akan terkendala saat akan melakukan pendaratan di Bandara King Abdul Azis Jeddah karena aktivitas pendaratan di bandara itu terjadi setiap tiga menit,” tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: