Friday, October 15, 2010

Fasilitas Anjungan Tunai Mandiri Dikeluhkan

TUKAR UANG. Petugas penukaran uang BRI di Asrama Sudiang Makassar saat melayani Calhaj yang melakukan penukaran uang dari rupiah ke riyal, kemarin. Sejumlah Calhaj mengeluhkan tidak adanya fasilitas ATM di lokasi pondokan. Abdullah Nicolha

Thursday, 14 October 2010
MAKASSAR(SINDO) – Sejumlah jamaah calon haji (calhaj) yang masuk Asrama Haji Sudiang Makassar mengeluhkan fasilitas pelengkap pemondokan. Salah satunya,tidak tersedianya mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Akibatnya, sejumlah calhaj yang hendak menarik uang mengalami kesulitan. Pasalnya, untuk bisa mencairkan dana melalui bank, harus memperoleh izin pengelola untuk keluar asrama.

Ketua Kloter VII asal Provinsi Maluku Utara Idris Kamal mengatakan, banyak calhaj asal daerahnya yang membutuhkan uang tunai untuk membeli perlengkapan selama berada di Asrama Haji.

“Jadi, karena tidak ada ATM tersedia, para calhaj ini harus meminta izin kepada petugas untuk keluar asrama, sementara hal itu harus melalui beberapa proses untuk bisa keluar,”katanya kepada SINDO di Asrama Haji Sudiang Makassar kemarin.

Menurutnya, banyak calhaj yang mengaku bingung mengambil uang karena setelah masuk dalam kawasan Asrama Haji,mereka tidak diperkenankan keluar tanpa izin Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar karena kawasan itu sudah steril.

“Masih ada calhaj asal Maluku Utara yang berharap bisa mengambil uang di Makassar,” ungkapnya.

Untuk mengambil uang di ATM, calhaj terpaksa menitipkan kepada panitia daerah yang ikut mengantarkan ke Asrama Haji Sudiang.

Dia mengaku,pelayanan yang ada di Asrama Haji ini sudah cukup memadai karena disiplin yang diterapkan sehingga para calhaj tidak sembarangan keluar lokasi.

Hanya masalah penyediaan ATM yang dibutuhkan tidak tersedia. Proses yang dilalui jika ingin keluar mencairkan uang di ATM, calhaj harus melapor kepada pengelola daerah, pimpinan kloter, lalu melapor ke pengelola asrama dan pihak keamanan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Abd Rahman Kharie juga menyayangkan tidak tersedianya ATM di lokasi Asrama Haji karena hal tersebut sangat dibutuhkan calhaj. Meski demikian,dia mengaku pelayanan yang ada di Asrama Haji Sudiang cukup memadai. (abdullah nicolha).

No comments: