Thursday, August 28, 2008

PPI Malangke Dapat Kucuran Rp10,5 M

Monday, 25 August 2008

MASAMBA (SINDO) – Masyarakat Luwu Utara secara umum dan Malangke Barat secara khusus patut berbahagia.


Ini terkait kucuran anggaran pemerintah pusat melalui Departemen Kelautan dan Perikanan, dalam hal ini Direktorat Pelabuhan Perikanan pengembangan pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) sebesar Rp10,5 miliar.

Tujuannya, pembangunan PPI yang telah dimulai sejak tahun lalu dapat kembali dikerjakan. Tahun lalu Departemen Kelautan dan Perikanan RI mengalokasikan anggaran Rp2,03 miliar guna pembangunan talut,tanggul, jalanan lokasi, dan penimbunan.“

Kelanjutan pembangunan akan dilakukan waktu dekat ini,“ kata Direktur Pelabuhan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Departemen Perikanan dan Kelautan RI Parlin Tambunan saat menerima rombongan Bupati Luwu Utara HM Luthfi A Mutty,Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Selatan Miftahuddin, Kadis Pertanian dan Kelautan Luwu Utara Kasim Alwi serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Syahruddin,pekan lalu.

Kunjungan Bupati Luwu Utara, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Selatan serta rombongan,terkait ekspose Bupati tentang rencana pengembangan PPI di Kecamatan Malangke Barat yang selama ini sudah berjalan. Diketahui, pembangunan PPI memang masih membutuhkan tambahan dana tahapan berikutnya.

Tahun ini melalui dana alokasi khusus (DAK) pemerintah telah dikucurkan Rp2,1 miliar. Selain itu, ada pula dana tugas pembangunan Rp8,4 miliar guna kelanjutan pembangunan PPI. Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Luwu Utara Kasim Alwi mengaku, pihaknya saat ini tengah mengupayakan kembali mengerjakan PPI dalam waktu dekat.

“Draf perencanaannya sementara disusun untuk segera dilaksanakan. Dengan dibangunnya PPI, diharapkan ke depannya tersedia bengkel kapal, suplai bahan bakar, pabrik es, areal pemukiman masyarakat nelayan, dan terdapat industri perikanan, sekolah bahari perikanan, bengkel kapal (dok), sarana perikanan, dan administrasi pelabuhan perikanan,” ujarnya.

PPI yang berlokasi di Desa Tokke dan Pattimang Kecamatan Malangke Barat berjarak 42 kilometer (km) dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Luwu Utara,Masamba. Saat ini kondisi jalan ke daerah ini sudah cukup baik karena telah berbentuk aspal hotmix dan beton.

Namun, memang sebagian jalanan masih memerlukan pelebaran dan peningkatan jalan sekitar 1,5 km. PPI sengaja dibangun di Kabupaten Luwu Utara karena melihat potensi sumber daya perikanan yang dimiliki cukup besar di tiga lokasi perairan pantai, yakni Kecamatan Bonebone,Malangke,dan Malangke Barat.

Dengan jumlah produksi perikanan pada 2006 sebesar8.232,5ton,terdiriatas 6.137,2 ton produksi perikanan laut,290,5 ton produksi perairan umum, dan 1.804,8 ton produksi budi daya. Sementara pada 2007 terdapat 120 buah perahu tak bermotor, 943 buah perahu dengan motor tempel,dan 81 buah kapal motor. (abdullah nicolha)

No comments: