Saturday, March 28, 2009

Petani Diimbau Laporkan Penyuluh

Saturday, 28 March 2009
MAMUJU(SI) – Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Sulbar Suarnati Ilyas mengimbau para petani melaporkan penyuluh yang tidak melaksanakan tugas dengan baik atau bandel.

“Kami sangat berharap kepada petani untuk segera memberikan informasi jika menemukan penyuluh yang tidak bekerja dengan baik.Termasuk juga jika ada penyuluh yang meninggalkan kelompok binaannya sebelum berhasil membantu petani,”bebernya. Dia menyebutkan bahwa, pihaknya sangat mengharapkan bantuan petani untuk melaporkan penyuluh yang bersikap tidak simpatik seperti itu.

Karena penyuluh yang ditugaskan harus setia mendampingi petani selama masa kontrak belum berakhir. “Tidak ada penyuluh yang diperbolehkan meninggalkan lokasi sebelum waktunya, atau belum berhasil membuat sebuah perubahan di wilayahnya,’ tegas Suarnati. Penyuluh yang melakukan kesalahan atau pelanggaran seperti itu kata dia,akan dikenai sanksi sesuai tingkat pelanggarannya.

Pihaknya juga menyatakan akan terus mengevaluasi seluruh tenaga penyuluh lapangan dalam melaksanakan tugas. Terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Tanaman Dinas perkebunan (Disbun) Sulbar Tanawali mengatakan, dengan diturunkannya Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Gernas Kakao maka program harus berjalan secara efektif.

Kendati demikian, pihaknya mengaku tidak dapat mengintervensi tenaga penyuluh meski dirinya merupakan salah satu unsur dalam Gernas. Seluruh program memang dijalankan melalui gernas, namun secara teknis akan dikoordinir oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. (abdullah nicolha)

No comments: