Tuesday, October 6, 2009

Bupati Minta Warga Lestarikan Kebudayaan

Monday, 05 October 2009
WATANSOPPENG (SI) – Bupati Soppeng Andi Soetomo meminta warga di Bumi Latemmamala tersebut melestarikan budaya lokal yang telah diwariskan para nenek moyang.

“Kami minta masyarakat tetap mempertahankan kelestarian budaya yang telah diwariskan,” ujarnya dalam sambutannya pada acara Pesta Panen dan Pesta Adat Arung Manumpe di Dusun Bera, Desa Laringgi,Kecamatan Marioriawa, kemarin.

Selain itu, orang nomor satu di Soppeng ini juga menjelaskan tentang roda pemerintahannya yang telah dilaksanakan selama kurang lebih tahun. Informasi yang dihimpun Seputar Indonesia (SI), bagi masyarakat Bera, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun.

Hal itu menurut warga setempat, tiada lain melestarikan tradisi budaya yang telah diwariskan para pemangku adat pendahulunya serta rasa syukur atas keberhasilan panen selama ini.

Dalam acara tersebut, Bupati Soppeng Andi Soetomo juga menyerahkan bantuan Rp5 juta kepada masyarakat Bera untuk pembangunan sarana air minum sebesar Rp3 juta dan perbaikan saluran irigasi di daerah itu sebesar Rp2 juta.

Untuk bantuan sarana air bersih diterima H Abu,sedangkan bantuan saluran irigasi diterima langsung H Janna, keduanya merupakan tokoh masyarakat setempat. Pesta adat tersebut berlangsung dengan meriah yang dihadiri ratusan warga setempat yang diisi dengan berbagai kegiatan,di antaranya mappadendang (tarian pesta panen dengan menggunakan lesung kayu berukuran besar) dan mattojang (ayunan).

Tak ketinggalan menggelar tudang sipulung (duduk bersama) antara masyarakat Bera dan Bupati Soppeng yang dipandu langsung Camat Marioriawa Andi Muh Suarahmat.

”Pesta panen itu sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang telah mereka dapatkan.Jadi,itu sudah melekat bagi warga setempat,”ungkap Kepala bagian Humas dan Protokol Pemkab Soppeng Sarianto. (abdullah nicolha)

No comments: