Sunday, June 21, 2009

Tak Lulus, Siswa Mengamuk-Pingsan

Sunday 21 June 2009

MAJENE (SI) – Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Majene mengamuk. Pasalnya, mereka kecewa setelah mengetahui dirinya tidak lulus dalam Ujian Nasional (UN) yang digelar beberapa waktu lalu.

Selain mengamuk, sejumlah siswa juga sontak histeris tidak terkecuali mereka yang dinyatakan lulus. Bahkan, tidak sedikit dari mereka jatuh pingsan. Salah seorang guru computer SMK Negeri 2 Majene Muh Irjan mengaku sangat prihatin melihat kondisi siswa-siswinya karena telah menunggu pengumuman dalam waktu lama namun hasilnya mereka tidak lulus.

“Saya sangat prihatin melihat kondisi ini, karena mereka sudah lama menunggu pengumuman namun ternyata mereka tidak lulus. Padahal, mereka sudah berusaha semampunya dalam mengerjakan soal ujian,” katanya dengan nada haru kepada Seputar Indonesia (SI), kemarin.

Data yang dihimpun SI, dari 791 peserta Ujian Nasional siswa-siswi SMK se-Kabupaten Majene terdapat 99 siswa yang dinyatakan tidak lulus.

Kepala SMK Negeri 2 Majene Johan Usa menyatakan bahwa, kebanyakan dari siswanya yang tidak lulus pada UN 2008-2009 itu jatuh pada bidang
studi Bahasa Inggris dan Matematika. Dia juga mengaku sangat prihatin dengan
kelulusan yang dicapai oleh siswa karena tingkat kelulusan pada tahun ini menurun.

Menurut dia, kegagalan siswa yang ada saat ini karena standarisasi kelulusan yang semakin meningkat, “Saya kira, yang menjadi kendala bagi siswa adalah tingginnya standarisasi yang ditarget sementara kemampuan siswa tidak dapat mencapai standar itu,” katanya. (abdullah nicolha).

No comments: