Thursday, February 25, 2010

Golkar-PDIP Koalisi di Empat Daerah

Thursday, 25 February 2010
MAKASSAR (SI) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya menetapkan kandidat usungannya di pilkada di Sulsel,23 Juni 2010 mendatang.

Dari 10 nama yang putuskan, empat di antaranya dipastikan berkoalisi dengan Partai Golkar. Empat cabup tersebut, masing- masing incumbent Gowa Ichsan Yasin Limpo,incumbent Luwu Timur Andi Hatta Marakarma, incumbent Bulukumba Andi Sukri Sappewali, serta Andi Kaswadi Razak di Soppeng.

Ketua Tim Pilkada PDIP Sulsel Andi Anshari Mangkona menyatakan, empat kabupaten yang berkoalisi dengan Partai Golkar, pihaknya akan mengerahkan segala kemampuan partai memenangkan pasangan jagoannya dengan bekerjasama mesin politik Golkar. “Berkoalisi bersama Golkar di Pilkada,bukan kali ini saja.

Kami sudah terbiasa membangun koalisi dengan Golkar dan hasilnya itu terbukti bisa memenangkan kandidat. Misalnya di Pilkada Makassar dan Palopo,” tandas Anshari, kepada harian Seputar Indonesia (SI), tadi malam.

Selain itu, Anshari juga mengakui, kalau sudah merasa nyaman berkoalisi dengan Golkar.Alasannya, komitmen antara calon usungan saat memenangkan pilkada, bisa dijalankan secara bersama, tanpa ada kesan diskriminasi.

Selain pilkada di empat kabupaten itu, PDIP memilih mengusung pasangan cabup dan cawabup yang berbeda. Seperti memperkuat barisan Andi Paharuddin- Devo Khadapi di Maros, Syamsu Alam-Ince Langke di Selayar, Taufik Fachruddin-Nurul Jaman di Pangkep, incumbent Luwu Utara Arifin Junaedy. Khusus Tana Toraja dan Toraja Utara, penentuannya ditunda hingga hari ini.

Terpisah,terkait dengan koalisi PDIP di Soppeng, Bendahara DPC PDIP Soppeng Agus Setiawan PH Rauf mengatakan, keputusan partainya mendukung Andi Kaswadi Razak,merupakan langkah tepat.

Selain kesepakatan internal, juga merupakan hasil Konferensi Cabang (Konfercab) PDIP Soppeng beberapa waktu lalu yang memberikan dukungan sepenuhnya kepada Andi Dulli sapaan akrab Kaswadi.

“Jadi, keputusan ini tidak lari dari hasil konfercab yang memang merekomendasikan Andi Dulli sebagai figur yang diinginkan empat PAC,” tambah Setiawan,dalam keterangan persnya di Watansoppeng,kemarin.

Menanggapi dukungan PDIP, Master Campaign Andi Kaswadi Razak (AKAR) Syaharuddin M Adam, menyampaikan rasa terima kasihnya. Sebab dukungan tersebut menambah semangat dan optimistis timnya memenangkan pilkada.

“Saya yakin keputusan PDIP ini akan membuat pendukung Kaswadi akan semakin bersemangat,apalagi militansi dan loyalitas kader dari PDIP sudah tidak diragukan lagi,” ungkapnya.

Husain-Djusman Siap Jurkam

Sementara itu, kader PDIP yang sebelumnya direkomendasikan menjadi bakal cawabup,Husain Djunaid, menyatakan sikapnya untuk berjuang menjadi juru kampanye (jurkam) di pasangan Andi Kaswadi-Andi Rizal.

“Sebagai kader, saya akan tunduk dan melaksanakan semua keputusan dan perintah partai,termasuk untuk memenangkan pasangan AKAR, bahkan saya siap untuk menjadi Juru Kampanye untuk memenangkan pasangan ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Direktur LP-Sibuk Djusman AR yang batal maju sebagai cawabup,pasca-incumbent Andi Soetomo mengganden Aris Muhammadiya, juga memberi isyarat akan menjadi jurkam salah satu kandidat,selain incumbent.

Sukri-Rasyid Unjuk Kekuatan

Di Bulukumba, pasangan usungan Koalisi Partai Golkar, Patriot, PKPB, PKPI, Partai Buruh, PPI, Kedaulatan, PPRN, Barnas, dan PDIP, Andi Sukri Sappewali- Rasyid Sarehong (Aspirasi), secara resmi mendaftar di KPU, sekaligus dirangkaikan deklarasi secara besar-besaran,kemarin.

Saat melakukan deklarasi di depan ribuan pendukung dan simpatisannya, Andi Sukri yang tak lain Bupati Bulukumba ini, memaparkan delapan item gratis yang menjadi program andalannya, yakni KTP,akte kelahiran, kartu keluarga pelayanan KTP keliling, pendidikan, berobat di puskesmas, berobat di Rumah Sakit Kelas III.

“Program ini adalah lanjutan dari beberapa program yang sudah dijalankan selama saya menjadi Bupati Bulukumba. Kalau kami terpilih kembali, maka item gratis tersebut akan langsung diterapkan,” tegas Andi Sukri.

Berdasarkan pantauan, turut hadir dalam pendaftaran tersebut, yakni Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Arfandy Idris, Sekjen DPP Partai Buruh Sony Pudi Sassono, berserta pimpinan partai lainnya.

Cabup Daftar di KPU

Dihari terakhir pendaftaran calon bupati dan wakil bupati di Luwu Utara dan Luwu Timur, hari ini, sejumlah pasangan menjadwalkan akan deklarasi dan mendaftar resmi secara terpisah.

Di Luwu Utara, empat pasangan akan mendaftar,yakni jagoan Partai Golkar Arsyad Kasmar- Gempur Warseso (AG), Machmud Rompegading-Syaifullah Burhan, Sitti Maesaroh-Basiruddin, dan Rafiuddin Syah-Marhaenah.

Sementara di Luwu Timur, terdapat tiga kandidat yang akan mendaftar,yakni calon dari Partai Golkar Andi Hatta Marakarma- Muhammad Thorig Husler (H2O), Umar Ranggo-Ilham Labbase, dan kandidat usungan Partai Demokrat Nur Husain-Majid Tahir (Nur-Majid). (abdullah nicolha/asdhar/ bakti m munir/arif saleh)

No comments: