Tuesday, February 23, 2010

Soetomo Gandeng Aris Muhammadiyah

Tuesday, 23 February 2010
WATANSOPPENG (SI) – Teka-teki siapa yang mendampingi incumbent Soppeng Andi Soetomo akhirnya terjawab. Kemarin, calon bupati usungan Koalisi PAN, PDP, dan PPRN ini mengumumkan secara resmi pasangannya, yakni Legislator Partai Bintang Reformasi (PBR) Kota Makassar Aris Muhammadiyah.

Melalui Ketua Tim Pemenangan Andi Soetomo, Andi Sudirman dan Sekretaris Tim Unru Tehon, dia memastikan menggandeng politisi berlatarbelakang pengusaha tersebut, setelah melalui sejumlah tahapan penjaringan, termasuk survei dan masukan dari kalangan partai pengusung.

“Dari aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat,terutama dari hasil survei yang kami lakukan di masyarakat, H Aris menjadi pilihan terbaik untuk mendampingi beliau (Soetomo),” ujar Sudirman, kepada wartawan saat menggelar konferensi pers di Sekretariat Pemenangan Merdeka Center, Jalan Kemerdekaan Watansoppeng,kemarin.

Bahkan, pasca menetapkan Aris sebagai cawabup, pihaknya akan langsung melakukan deklarasi pasangan,yang di pusatkan di Lingkungan Libukeng, Kelurahan Appanang,Kecamatan Liliriaja, hari ini. Menurut Sudirman, deklarasi tersebut sekaligus memperkenalkan secara resmi duet Asmo Berharisma (Andi Soetomo bersama H Aris Muhammadiyah).

Anggota DPRD Soppeng dari PPRN ini menambahkan, dalam deklarasi Asmo-Berharisma, pihaknya akan melibatkan sekitar 2.500 pendukung dan simpatisan dari berbagai perwakilan sukarela- wan di seluruh pelosok di kabupaten yang dijuluki kota kalong tersebut.

“Libukeng dipilih sebagai tempat deklarasi, dengan alasan bahwa beliau lima tahun lalu melakukan deklarasi juga di tempat itu.Harapan kami,semoga kesuksesan yang kami raih lima tahun lalu bisa terulang kembali. Mudah-mudahan nantinya pendukung padat dan berkah,” katanya dengan nada optimistis.

Selain menetapkan pasangan, Andi Soetomo melalui tim pemenangannya juga menyampaikan permintaan maaf dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sejumlah figur, yang selama ini sudah menyatakan kesiapannya menjadi calon wakil bupati untuk mendampinginya di pilkada.

“Beliau menyampaikan permohonan maaf kepada bapak-bapak yang selama ini beratensi. Keputusan diambil, bukan pertimbangan menafikkan dan meremehkan. Meski demikian, beliau tetap mengharapkan, agar para kandidat tersebut ini tetap saling mendukung dan bekerjasama untuk menyukseskan perjuangan, dan bersama-sama membangun Soppeng ke depan,” pesan Soetomo, yang disampaikan Sudirman.

Sekadar diketahui, sebelum Aris ditetapkan, sejumlah nama disebut-sebut mempunyai kans dijadikan wakil.Diantaranya,Aktivis Anti Korupsi Sulsel Djusman AR,Politisi PDIP Husain Djunaid, Politisi Demokrat Supriansa, dan Kepala Bappedda Soppeng, Andi Paweloi.

Berdasarkan pantauan, sejumlah calon wakil tersebut, sudah menjalani survei internal Soetomo yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia. Hasilnya, baik Aris maupun calon lainnya, tidak ada yang menonjol tingkat popularitas dan elektabilitasnya.

Terkait penetapan cawabup tersebut, salah satu partai pengusung Soetomo, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) membenarkannya. Bahkan undangan untuk menghadiri deklarasi sudah diterima jajarannya.

“Saya dengar seperti itu, Aris dipilih menjadi calon wakil bupati. Sampai saat ini, PAN tidak bersuara. Artinya secara pribadi saya menganggap tidak ada masalah, kalaupun itu keinginan beliau (Soetomo). Penyampaiannya sudah kami terima melalui undangan,” ujar Wakil Ketua DPD PAN Soppeng, Andi Kunneng,tadi malam.

Victor-Rosina Deklarasi

Sementara itu, Calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara-Rosina Palloan, menjadwalkan melakukan deklarasi pasangan hari ini, setelah memastikan sudah mendapat rekomendasi resmi dari Partai Demokrat, sebagai pengusungnya di Pilkada 23 Junu 2010 mendatang.

Direktur Victory Center,Junus Pakanan menyatakan,Victor-Rosina (Visi) sudah mengantongi rekomendasi DPP Partai Demokrat Nomor: 66/RKMD/DPP.PD/II/ 2010 mengenai persetujuan penguatan kepada pasangan Visi sebagai calon bupati-wakil bupati yang diusung Demokrat.

”Besok pagi (hari ini) ribuan pendukung dan simpatisan visi akan menjemput pasangan Victor-Rosi di Salubarani perbatasan Tator-Enrekang. Usai prosesi penjemputan, pasangan Visi beserta pendukungnya melakukan konvoi menuju kota Makale tempat dilaksanakannya deklarasi pasangan Visi,” papar Junus,kemarin.

Dia menambahkan, deklarasi visi pasangan juga dirangkaikan deklarasi partai pengusung dan pendukung. Masing-masing Partai Demokrat, Republikan, Kedaulatan dan PPPI.Pihaknya juga mengklaim, beberapa partai lain akan menyusul memperkuat barisan pemenangan Visi, yakni Gerindra, Pakar Pangan, PBR,PIS, PKB dan Partai Buruh.

Golkar Hadirkan Nurdin

Terpisah, pasangan usungan Partai Golkar di Bulukumba,Andi Sukri Sappewali-Rasyid Saherong, juga akan menggelar deklarasi bersama partai pendukung lainnya, sekaligus mendaftar secara resmi di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (24/02) besok, di Lapangan Pemuda Bulukumba.

Juru Bicara Tim Pemenangan Sukri-Rasyid,Risman Pasigai menyebutkan, dalam deklarasi tersebut, pihaknya akan menghadirkan pimpinan partai. Diantaranya Korwil Pemenangan Pemilu Sulawesi DPP Golkar Nurdin Halid, Ketua Bappilu DPD I Golkar Sulsel, M Roem, Ketua Tim Pilkada Golkar Sulsel, Marsuki Wadeng, serta sejumlah pimpinan partai pengusung dan pen-dukung lainnya.

Risman memastikan, duet Sukri-Rasyid (Aspirasi) didukung sembilan parpol dengan meraih total 14 kursi di DPRD. Masingmasing, Golkar 4 kursi, Patriot 2 kursi, PKPB 2 kursi, PKPI 1 kursi, Partai Buruh 1 kursi, PPI 1 kursi, Kedaulatan 1 kursi,PPRN 1 kursi, dan Barnas 1 kursi. (abdullah nicolha/ joni lembang/arif saleh)

No comments: