Sunday, February 21, 2010

Tabung Gas Meledak,2 Warga Terluka

Sunday, 21 February 2010
SENGKANG(SI) – Dua warga Kota Sengkang, Kabupaten Wajo,H Sudarsono dan Hj Nursida mengalami luka parah setelah ledakan yang diduga berasal dari kompor gas menghancurkan ruko milik keduanya,dinihari kemarin.

Ledakan di Jalan RA Kartini ini, sontak menggemparkan warga Sengkang. Mereka nampak berhamburan keluar rumah hingga ke jalan usai mendengar bunyi yang sangat keras tersebut.

Pasalnya, ledakan itu tergolong dahsyat karena seluruh perabot rumah tangga yang ada di dalamnya hancur karena terlempar keluar ruko hingga mencapai 10 meter. Bukan hanya itu, bangunan yang berada di sekitar ruko itu juga ikut hancur bahkan, pintu besi ruko ini ikut hancur dan terlempar.

Informasi yang dihimpun harian Seputar Indonesia (SI), pemilik rumah mengalami patah tulang karena terlempar keluar rumah, dan harus menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Prima Husada,Sengkang.

Salah seorang warga setempat Nadjib ,32, mengungkapkan, ledakan yang terjadi itu sangat cepat dan dahsyat dan menghamburkan semua isi rumah dan mengagetkan warga. “Kejadiannya sangat cepat, kita juga kaget saat mendengar ada ledakan itu,” ungkapnya kepada SI di Tempat Kejadian Perkara (TKP),kemarin.

Menurut dia,warga yang mendengar ledakan tersebut langsung berhamburan keluar rumah dan segera mencari dimana asalnya. “Kami bersama warga lain langsung menuju lokasi ingin melihat apa yang meledak, ternyata ruko penjual emas namun, sudah berantakan, ”ujarnya.

Warga Sengkang yang lain Janaedi ,28, juga mengungkapkan hal serupa, dirinya bersama rekannnya kaget setelah mendengar ledakan tersebut dan langsung keluar dari rumah menuju sumber ledakan. “Mendengar suara itu saya bersama teman langsung keluar rumah karena kaget mencari sumber ledakan,” katanya singkat kepada SI saat dihubungi,kemarin.

Pihak Kepolisian Resor (Polres) Wajo yang turun ke lokasi kejadian langsung melakukan olah TKP dan memasang garis polisi (police line).Kuat dugaan ledakan tersebut bersumber dari tabung gas yang ada di ruko tersebut sementara kerugian sementara ditaksir mencapai Rp100-an juta.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Wajo AKP Najamuddin mengatakan, dugaan senentara penyebab ledakan dahsyat tersebut adalah tabung gas elpiji yang berada dalam rumah.

“Dugaan sementara adalah tabung gas elpiji,” katanya kepada sejumlah wartawan di Sengkang, kemarin.Kejadian tersebut kata dia masih sementara dalam penyidikan Polres Wajo untuk pengembangan.

Informasi yang dihimpun SI, dua korban yang menderita luka serius tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Namun, karena luka yang diderita cukup parah, maka pihak rumah sakit merujuknya ke Makassar.

“Kemarin, korban langsung dirujuk ke rumah sakit di Makassar karena korban menderita luka serius yakni luka bakar di sekujur tubuhnya,” kata Kapolres Wajo AKBP Nanang Purnomo kepada SI via ponselnya,kemarin.

Dia juga menyebutkan bahwa, dugaan sementara dari penyebab ledakan tersebut berasal dari pipa tabung gas yang bocor berukuran 12 kg.“Dugaan sementara, penyebabnya pipa tabung gas yang bocor sehingga terjadi ledakan dahsyat, sementara kerugiannya ditaksir Rp100-an juta,” tandas Kapolres.

Sementara, pihak keluarga korban yang dicoba dikonfirmasi tidak berhasil. Bahkan, terkesan menghalangi wartawan melakukan peliputan.Kondisi korban belum diketahui secara pasti, namun saat ini telah dirujuk ke salah satu rumah sakit di Kota Makassar. Peristiwa tersebut juga mengakibatkan Jalan RA Kartini Kota Sengkang Kabupaten Wajo untuk sementara ditutup untuk umum. (abdullah nicolha)

No comments: