Tuesday, June 22, 2010

3 Kandidat Soppeng Tak Ikut Memilih

Tuesday, 22 June 2010
WATANSOPPENG(SI) – Satu calon bupati (cabup) dan dua calon wakil bupati (cawabup) peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Soppeng 2010,harus rela tak ikut memilih saat pencoblosan hari ini.

Penyebabnya, ketiganya tidak memiliki hak pilih pada pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Latemmamala itu.Meski ketiganya merupakan putra daerah yang lahir dan besar di Soppeng,serta menjadi salah satu peserta dalam pesta politik tersebut, pada saat pendataan mereka berdomisili di Kota Makassar.

Ketigacalontersebut,yakni Andi Taufan Made Alie, cabup yang berpasangan dengan Sukman Junuddin (ATM-Suka) melalui jalur perseorangan; Supriansa,cawabup Andi Sulham Hasan (SULAPA); dan Aris Muhammadia, cawabup Andi Soetomo (ASmo-BERKHARISMA).

“Dari 18 calon yang maju di Pilkada Soppeng,tiga calon di antaranya tidak memiliki hak pilih. Ketiganya juga tidak terdaftar dalam DPT ataupun DPS (daftar pemilih tetap/sementara) karena memang mereka berdomisili di Makassar,” ungkap Divisi Humas dan Hukum KPU Soppeng Amrayadi kemarin.

Sementara cabup Andi Taufan, kata Amrayadi, pada saat pendataan lalu,dia masih berstatus sebagai anggota Polri yang pada akhirnya mengundurkan diri dari satuannya sebagai salah satu syarat menjadi calon. “Berbeda dengan Andi Taufan, saat didata masih berstatus anggota Polri,”ujarnya.

Data yang dihimpun Seputar Indonesia (SI), dari 15 kandidat yang akan menggunakan hak pilihnya besok (hari ini), lima di antaranya akan memilih di kecamatan yang sama,yakni Kecamatan Lalabata.

Dalam satu kecamatan itu terdapat tiga cabup, yakni,Andi Soetomo yang akan memilih di TPS 4 Kelurahan Bila,Andi Kaswadi Rasak di TPS 3 Kelurahan Lapajung, cabup SULAPA di Kelurahan Lemba TPS 8.Sementara dua calon lainnya adalah cawabup ATM-Suka Sukman Junuddin di TPS 6, Kelurahan Botto dan SAUDARATA di TPS 3,Kelurahan Lalabata Rilau.

Sementara itu, cabup Syamsu Niang akan menggunakan hak pilihnya di kampung kelahirannya di Desa Pising, TPS 2, begitu juga cawabup dari paket HIBAH Basrah Gising di Desa Donri-Donri,Kecamatan Donri-Donri.

Cabup Andi Sarimin Saransi juga berada di kampung kelahirannya di Kelurahan Cabbenge,Kecamatan Lilirilau,TPS 3, satu kecamatan dengan cawabup paket AKAR Andi Rizal Mappatunru di Kelurahan Pajalesang,TPS 9.

Sementara cabup HIBAH Andi HerdiBunga,di TPS11,Kelurahan Tettikenrarae, Kecamatan Marioriwawo, dan cawabup paket AS-SALAM Kiai Muda Sulaeman,di TPS 4 Desa Belo, Kecamatan Gandra.

“Hal tersebut berdasarkan data yang masuk di KPU, mulai dari DPS hingga penetapan daftar pemilih tetap,” ujar anggota KPU Soppeng Marwis. (abdullah nicolha)

No comments: