Saturday, November 6, 2010

Kecapean,Calhaj Luwu Stroke

Friday, 05 November 2010
MAKASSAR (SINDO) – Salah seorang calon haji (calhaj) asal Kelurahan Bajo,Kecamatan Bajo,Kabupaten Luwu, Syamsul Yusuf, 54, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 34 embarkasi Makassar, terpaksa menggunakan kursi roda saat tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar kemarin.

Pasalnya, pria paruh baya itu kembali terserang stroke atau dalam istilah kedokteran disebut post stroke sehingga dia langsung dibawa ke Poliklinik Mustasyfa Asrama Haji Sudiang untuk mendapatkan penanganan medis.

Kendati dalam kondisi lemah, pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu itu masih dapat berkomunikasi dengan orang yang ada di sekitarnya.Serangan stroke tersebut diduga terjadi karena yang bersangkutan lelah setelah menempuh perjalanan ratusan kilometer dari Bumi Sawerigading.

Kepala Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Makassar dr Irwan mengungkapkan, kondisi calhaj asal Luwu itu baik, tapi karena dari perjalanan jauh sehingga capek dan memerlukan istirahat sehingga stroke yang pernah dialaminya kembali lagi.

“Tidak apa-apa, dia baik-baik saja dan bisa jalan,hanya memang saat dia tiba harus menggunakan kursi roda,” ungkapnya kepada SINDO di sela pemeriksaan kesehatan para calhaj di Poliklinik Mustasyfa kemarin.

Dari hasil pemeriksaan tim medis PPIH embarkasi Makassar kemarin, kondisi kesehatan calhaj kloter 34 itu tergolong baik dan tidak ada yang mengkhawatirkan, hanya ada beberapa orang yang sudah tua. “Secara keseluruhan, kondisi kesehatan calhaj baik-baik saja,”tuturnya.

Dari pantauan di ruang perawatan, Syamsul Yusuf yang ditemani istrinya,Hasni Hakim,yang juga akan melaksanakan rukun Islam yang kelima itu mulai membaik, bahkan membasahi tubuhnya dengan air dan terlihat sedang duduk di ranjang perawatan.

Dr Irwan menambahkan, dia (Syamsul) sebelumnya menderita stroke selama dua tahun dan dalam beberapa bulan terakhir sudah membaik,tapi saat menjelang pemberangkatannya ke Tanah Suci, penyakitnya kembali kambuh dan disebut dengan istilah post stroke.

Dari informasi yang dihimpun, penyakit yang pernah diderita Syamsul Yusuf sebelumnya tergolong parah karena pernah menjalani operasi di bagian kepalanya untuk mengeluarkan darah beku di otaknya.

Hal yang sama juga dialami warga Desa Bentenge,Kecamatan Ujung Bulu,Kabupaten Bulukumba, yang tergabung dalam kloter 33 embarkasi Makassar, Sonseng Tanepagu, 74,saat tiba di Asrama haji, dia tidak sadarkan diri (pingsan) karena terserang stroke.

Sonseng juga pernah menderita stroke selama dua tahun dan sembuh dalam beberapa bulan terakhir.“ Apa yang diamali keduanya hampir sama, yakni post stroke atau terserang kembali setelah sembuh,”tandas dr Irwan.

Berdasarkan data yang dihimpun, calhaj asal Kabupaten Luwu sebanyak 275 orang bergabung bersama Kabupaten Tana Toraja sebanyak 36 orang dan Kota Makassar 16 orang dalam satu penerbangan, yakni kloter 34 yang dijadwalkan akan diberangkatkan hari ini. (abdullah nicolha)

No comments: