Thursday, November 4, 2010

PPIH Fogging Asrama Haji

Thursday, 04 November 2010
MAKASSAR (SINDO) – Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar kembali melakukan pengasapan (fogging) terhadap jentik nyamuk aedes aegypti di seluruh kawasan Asrama Haji Sudiang kemarin.

Fogging yang dilakukan PPIH tersebut merupakan yang keempat kalinya untuk menjaga dan meminimalisasi kemungkinan penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), terutama kepada jamaah calon haji (calhaj) yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

“Ini merupakan kegiatan yang keempat kalinya dilakukan, dua kali sebelum pemberangkatan serta dua kali selama dalam proses pemberangkatan atau selama calon haji masuk asrama,” kata Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar A Syahrulyali R kepada sejumlah wartawan kemarin.

Hal tersebut tidak hanya dilakukan saat asrama haji sedang sepi atau ketika tidak ada calhaj yang dijadwalkan masuk pondokan.Pengasapan juga dilakukan di kawasan luar kamar di Asrama Haji.

“Jadi, bukan karena tidak ada penerimaan jamaah sehingga ini dilakukan,tetapi kegiatan ini tetap dilakukan di luar kamar,seperti selokan, hanya penyemprotan di dalam ruangan dilakukan saat kosong,” ujarnya.

Hingga kini selama dalam proses pemberangkatan calhaj, tidak ada jamaah yang menderita demam berdarah,tapi hal itu merupakan upaya pencegahan.

“Sampai saat ini tidak ada, ini hanya upaya pencegahan,”kata Kabid Kesehatan PPIH Embarkasi Makassar dr Irwan.

Penyemprotan tersebut mulai dilakukan sekitar pukul 16.30 Wita dan dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan mobil yang mengelilingi lingkungan asrama dan di tiap-tiap asrama. (abdullah nicolha)

No comments: