Friday, May 20, 2011

Incumbent Menang di Majene

Friday, 13 May 2011
MAJENE– Hasil penghitungan sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Majene mengunggulkan pasangan Kalma Katta-Fahmi Massiara (KAMI) dengan perolehan suara 31,008% dari total suara sah yang masuk sebanyak 79.931.
Kemenangan incumbent tersebut berdasarkan data terakhir Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene pada pukul 22.00 Wita, tadi malam.Posisi kedua ditempati pasangan Arifin Nurdin-Rizal Muchtar (AFDAL) sebanyak 20,274% suara dan disusul pasangan nomor urut 4 Achmad Syukri Tammalele-Syaharia (AST-SAH) 15,195% suara.Pasangan nomor urut 2, Muhammad Rizal Sirajuddin-Rusbi Hamid (MARASA), berada di nomor buncit dengan perolehan suara 13,454%.

Data tersebut diperkuat juga dengan perolehan suara sementara yang dilansir Tim Strategis Pemenangan KAMI di Sekretariat Partai Golkar Majene, kemarin. Dari 79.916 suara yang masuk, KAMI unggul di urutan teratas dengan perolehan suara sementara 39,18% dari total suara sah. Disusul AFDAL 25,78% suara,AST-SAH 18,95% suara, dan MARASA 15,86% suara.Perolehan suara masingmasing kandidat hanya selisih beberapa persen dibandingkan data terakhir KPU Majene.

Ketua Strategi Pemenangan KAMI Jainuddin yakin menang dengan perolehan suara tersebut.“ Saat ini kami menang dengan 39,18%,dan kami optimistis data tersebut tidak akan jauh dari hasil penghitungan KPU nanti karena data itu berasal dari semua TPS yang ada di Majene,” katanya kepada SINDO di Majene,kemarin.

Posisi teratas itu juga dipastikan tidak berubah berdasarkan kemenangan KAMI di tujuh kecamatan dengan hasil telak.“ Itu kami yakini karena tujuh kecamatan dimenangkan dengan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun di internal Golkar Majene, di Kecamatan Banggae,yang merupakan wilayah kota,KAMI menang 40,26%,jauh di atas tiga rivalnya.Begitu juga di Banggae Timur sebanyak 35,04% suara dan Sendana 43,14% suara.

Kemenangan sama diraih di Tammeroddo sebanyak 43,08% suara, Ulumanda 44,40% suara,dan Malunda 45,21%.Padahal,Malunda merupakan basis suara pasangan AST-SAH dengan perolehan suara 21,25%.

“Jadi,dari tujuh kecamatan ini, kami berhasil meraih suara signifikan dan menang telak,kecuali Kecamatan Pamboang yang dimenangkan paket AFDAL. Namun, tidak terlalu jauh karena kami meraih 35,52% suara, sementara AFDAL 39,93% suara,”ungkap Ketua Divisi Data Tim Pemenangan KAMI, Idham Muchsin Ali.

Kendati hasil tersebut belum final, pihaknya optimistis menang karena data yang masuk sudah mencapai 76.263 suara dari 101.106 jumlah pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Majene. “Kami tetap optimistis karena suara yang belum masuk berkisar 10.000-an,”katanya.

Sementara itu, tim pemenangan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati lainnya belum bersedia dikonfirmasi karena masih menunggu perampungan data tiap TPS di seluruh kecamatan.

Koordinator Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) Azhar Ilyas yang dikonfirmasi menyebutkan,hingga saat ini pihaknya masih mendata perolehan suara para kandidat di Pilkada Majene.

Bahkan,pihaknya tidak menampik bahwa incumbent masih unggul dibanding tiga kandidat lainnya.“Kami masih input data-datanya karena belum semuanya masuk. Baru sekitar 50%, tapi memang saat ini masih ada selisih sekitar 3% antara pasangan AFDAL dan KAMI.Jadi kami masih menunggu perampungan data-data kecamatan,” paparnya kemarin.

Perolehan suara secara pasti baru bisa diketahui hari ini. “Mudah-mudahan bisa segera dirampungkan,mungkin besok (hari ini) sudah ada hasilnya,” pungkas dia. LKPI merupakan lembaga survei yang dipercayakan pasangan Arifin-Rizal (AFDAL) untuk melakukan survei popularitas dan elektabilitasnya di Pilkada Majene. Bahkan, sehari sebelum pencoblosan, LKPI menempatkan pasangan nomor urut 1 itu di posisi atas dengan presentase 39,78%.

Siapkan Gugatan ke MK

Sementara itu, tiga pasangan kandidat menggelar pertemuan di Vila milik kandidat bupati nomor urut 2 Muhammad Rizal Sirajuddin di Kelurahan Leppe Kecamatan Banggae Timur sekira pukul 20.30 wita tadi malam.Pertemuan mendadak itu digelar pasca pasangan Kalma Katta-Fahmi Massiara (KAMI) merilis hasil perolehan suara sementara di delapan kecamatan yang menempatkan mereka di urutan teratas.

Dalam pertemuan tersebut, tampak hadir tiga kandidat lainnya, yakniArifin-Rizal (AFDAL), Rizal-Rusbi (MARASA), dan Achmad Syukri Tammalele. Syukri tidak didampingi calon bupati Syaharia. Selain itu,juga terlihat ratusan pendukung ketiga kandidat. Ketiga kandidat ini bahkan sudah menunjuk pengacara yang akan mendampingi mereka di persidangan Mahkamah Konstitusi (MK), yakni Hatta Kainang.

“Kita akan menyiapkan materi gugatan yang akan dibawa ke MK,mudah-mudahan dalam tiga hari ke depan sudah bisa rampung,” ungkap Hatta dalam pertemuan itu. Ketiga kandidat mengaku tidak akan menggugat hasil Pilkada Majene,melainkan hanya akan menggugat prosesnya. “Yang akan digugat bukan hasil, tapi prosesnya.

Kami menilai ada banyak indikasi pelanggaran,” jelasnya. Ketiga kandidat ini berjanji tidak akan menghalang-halangi proses yang ada di KPU Majene pascapemungutan suara kemarin. @abdullah nicolha
 

No comments: