Friday, May 20, 2011

Saksi Tiga Kandidat Tolak Tanda Tangan

Sunday, 15 May 2011
MAJENE - Tiga pasangan bupati dan calon bupati yang ikut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Majene belum legawa menerima kekalahan melalui pesta demokrasi tersebut.

Setelah mengancam akan menggugat kemenangan pasangan Kalma Katta-Fahmi Massiara (KAMI) di Mahkamah Konstitusi (MK),saksi tiga kandidat tersebut juga enggan menandatangani berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK),kemarin.

Ketiga kandidat tersebut, pasangan Arifin Nurdin-Rizal Muchtar (AFDAL), Muhammad Rizal Sirajuddin- Rusbi Hamid (MARASA), dan Achmad Syukri Tammalele-Syaharia (AST-SAH).

Dari empat kandidat yang mengajukan saksi pada rekapitulasi itu, hanya saksi pasangan KAMI yang menandatangani berita acara.

“Kalau di kecamatan lain, ada yang datang dua saksi ada juga yang satu. Di hampir semua kecamatan, mereka menolak tanda tangan,”ungkap Kepala Bagian Humas Sekretariat KPU Majene Iqbaluddin di Majene kemarin.

Namun, anggota KPU Majene Abd Madjid Ruddin memastikan bahwa penolakan para saksi untuk menandatangani berita acara tidak berpengaruh pada penetapan hasil pilkada. Aksi tersebut dinilai tak menghambat proses dan hasil rekapitulasi kecamatan hingga di tingkat kabupaten nantinya.

¨Itu hak mereka,yang pasti proses tetap berjalan lancar dan itu tidak akan memengaruhi proses dan hasil rekapitulasi suara hingga di kabupaten nantinya,” ungkapnya.

Dia menyebutkan,hal tersebut telah diatur dalam peraturan KPU No.16 tahun 2010 tentang Pedoman dan Tata Cara Rekapitulasi Penghitungan Suara. “Anggota KPU,PPK,dan para saksi yang bersedia atau pun tidak untuk tanda tangan, tidak ada masalah karena tidak akan berpengaruh, katanya.

Kemarin,rekapitulasi suara tingkat kecamatan dimulai pukul 09.00 Wita secara serentak di delapan kecamatan yang ada di Majene.

Rencananya, KPU Majene akan menggelar rekapitulasi tingkat kabupaten pada Rabu (17/5) mendatang. Penetapan calon melalui rapat pleno KPU akan dilakukan Kamis (18/5) atau sehari setelah rekapitulasi kabupaten.

Kapolres Majene AKBP Jamal A Yani menyebutkan, pihaknya menerjunkan 10 personel di tiap kecamatan yang khusus mengawal proses tersebut.¨Jadi untuk rekapitulasi tingkat kecamatan ini kami menerjunkan 10 personel tiap kecamatan,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, proses tersebut berjalan aman dan lancar, dan berharap situasi dan kondisi itu masih tetap bisa dipertahankan hingga tahapan Pilkada Majene selesai. Ðabdullah nicolha

No comments: