Friday, May 20, 2011

Massa Incumbent Rayakan Kemenangan

Saturday, 14 May 2011
MAJENE - Pendukung incumbent optimistis atas kemenangan yang diraih pasangan Kalma Katta- Fahmi Massiara (KAMI) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Majene.


Kemarin,ribuan massa pendukung dan simpatisan pasangan nomor urut 3 itu menggelar konvoi kemenangan di pusat Kota Majene. Luapan kegembiraan massa dan pendukung incumbent tersebut terlihat di sejumlah ruas jalan utama hingga ke ganggang di Kota Majene.
 

Para penggemar Kalma- Fahmi bahkan nekat meneriakkan yel-yel kemenangan di depan posko tim pemenangan kandidat lain. Hal itu terlihat di depan Posko Arifin Nurdin-Rizal Muchtar (AFDAL) di Lingkungan Lipu dan Posko Muhammad Rizal Sirajuddin- Rusbi Hamid (MARASA) di Lingkungan Tanjung Batu, Labuang, BanggaeTimur.

Begitu juga di sekitar Posko PemenanganAchmad Syukri Tammalele- Syaharia (AST- SAH) di Lingkungan Saleppa, Banggae. Ketiga posko utama itu berada di kawasan pusat Kota Majene.

Posisi incumbent Majene Kalma Katta-Fahmi Massiara tidak bergeser dari posisi pertama. Partai Golkar bahkan sudah merampungkan pengiriman surat suara dari semua Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hasil rekapitulasi di internal partai pengusung incumbent itu tetap mengunggulkan KAMI sebagai pemenang dengan 39% suara, disusul AFDAL 25%,AST-SAH 19%, dan posisi buncit ditempati pasangan MARASA sebanyak 16% suara.

“Semua surat suara sudah kita rampungkan. Kita tetap berada di atas dan posisi awal tidak bergeser,”ungkap Wakil Ketua DPD II Golkar Majene Idham Muchsin.

Data penghitungan suara yang dirilis oleh Desk Pilkada Majene juga tidak jauh berbeda dengan data sebelumnya yang menyebutkan bahwa pasangan nomor urut 3 itu menyapu bersih tujuh kecamatan kecuali Kecamatan Pamboang.

Dari data tersebut menunjukkan bahwa KAMI memperoleh 33.052 suara (38,82%), AFDAL 21.505 suara (25,26%), lalu AST-SAH 16.562 suara (19,45%), dan MARASA 14.016 suara (16,46%).

Sementara itu,KPU Majene yang dikonfirmasi enggan membeberkan datanya karena harus menunggu rekapitulasi kecamatan dan kabupaten. “Kami belum bisa membeberkan data-datanya karena harus menunggu rekap kecamatan dan kabupaten,” ujar anggota KPU Majene Asmanuddin.

Rencananya,KPU akan memulai rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan pada hari ini dan ditarget rampung dalam sehari.”Insya Allah, besok (hari ini) kami akan melakukan rekapitulasi kecamatan setelah itu akan dilanjutkan rekapitulasi kabupaten,” katanya.

Dia berharap,proses rekapitulasi itu dapat berjalan lancar seperti pada saat penghitungan suara, sehingga pemenang pilkada dapat segera ditetapkan sesuai dengan jadwal tahapan yang telah disusun sebelumnya.

Sementara itu, tiga kandidat lainnya sepakat mengajukan gugatan atas kemenangan incumbent tersebut.

“Kami sementara melakukan pengumpulan data-data untuk menjadi bahan yang akan diajukan ke tingkat MK,” ungkap tim hukum ketiga kandidat, Hatta Kainang,kemarin. ßabdullah nicolha

No comments: