Friday, August 28, 2009

Incumbent Soppeng Dekati PAN

Wednesday, 26 August 2009

MAKASSAR (SI) – Hari ketiga pengambilan formulir dan pendaftaran bakal calon bupati (cabup) yang dilaksanakan Partai Amanat Nasional (PAN) Soppeng,mulai dilirik beberapa figur,termasuk incumbent Andi Soetomo.

Setelah Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Andi Sulham Hasan yang telah resmi mendaftar pada hari pertama sebagai bakal cabup, kini giliran orang nomor satu di Kota Kalong tersebut,yakni Andi Soetomo yang mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat PAN Soppeng, kemarin.

Bahkan, Soetomo dijadwalkan akan mengembalikan berkas formulir pendaftarannya dalam waktu dekat ini, paling lambat 4 September 2010 mendatang, sebelum diajukan ke DPW PAN Sulsel. Selanjutnya dilakukan survei popularitas dan elektabilitas oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang diajak kerja sama.

”Dia mempelajari dulu sebelum mengembalikannya atau mendaftar secara resmi. Selain Pak Soetomo, satu bakal calon lain, yakni salah satu pejabat di Kabupaten Bone, yaitu Andi Singkere,juga mengambil formulir pendaftaran secara terpisah,”kata Sekretaris DPD PAN Soppeng Syarifuddin Saiful,kepada Seputar Indonesia(SI),kemarin.

Sekadar diketahui, partai bentukan tokoh reformasi Amien Rais ini berhasil meloloskan tiga kader di DPRD Soppeng pada Pemilu Legislatif 2009 lalu.Jadi,PAN tinggal menambah berapa suara lagi dari partai lain untuk dapat mengusung satu pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Terkait peluang Sulham dan Soetomo, Saiful menjelaskan, keduanya memiliki peluang sama mengendarai PAN.Apalagi, kedua figur ini disebut-sebut menguat di masyarakat menjelang pelaksanaan pilkada.

Hanya,pihaknya belum bisa memastikan apakah akan mengusung salah satunya atau tidak. ”Tergantung nanti hasil survei yang dilakukan DPW. Kalau memang signifikan, tentu akan menjadi pertimbangan dan prioritas utama untuk diusung. Saya tidak bisa berspekulasi, siapa di antara kedua tokoh yang paling diinginkan masyarakat. Kita tunggu saja hasilnya,”ujar dia.

Wakil Ketua DPD PAN PAN Soppeng Andi Kuneng menambahkan, semenjak pendaftaran bakal calon dibuka, baru satu yang mendaftar resmi,yakni Sulham Hasan. Sementara Soetomo dan Andi Singkere,baru sebatas mengambil formulir, meski dikabarkan akan mengembalikan dalam waktu dekat.

Menurut Andi Kuneng, bila hingga hari terakhir bakal calon yang mendaftar hanya dua orang, pihaknya akan memperpanjang waktu pendaftaran selama satu minggu untuk memberikan kesempatan kepada figur lain yang ingin diusung partai berlambang matahari terbit tersebut.

”Nanti kalau lebih dari dua calon, baru kami ajukan ke DPW PAN untuk di survei. Apa pun hasil survei dan rekomendasi DPW nanti, itu yang akan dijalankan DPD dan jajaran,” tandas Kuneng yang juga anggota DPRD Soppeng periode 2009–2014 ini.

Mengenai biaya survei yang dibebankan ke masing-masing bakal calon yang mendaftar, pihaknya masih menunggu petunjuk DPW. Sebab, penentuan besaran biaya tersebut merupakan hak DPW sebelum disampaikan kepada bakal calon bersangkutan.

Pendaftaran Calon Digelar Maret

SEMENTARA itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng Sulhan mengungkapkan, pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Soppeng dilaksanakan Maret 2010.

“Jika Pilkada Soppeng digelar Juni 2010, kemungkinan pendaftaran pasangan bakal cabup-cawabup Pilkada Soppeng akan dimulai Maret,” ungkapnya dia kepada Seputar Indonesia (SI) di ruang kerjanya, kemarin.

Menurut dia, hal tersebut merupakan perkiraan karena menunggu jadwal tahapan yang akan dibahas bersama 11 KPU kabupaten di Makassar. Dalam pertemuan tersebut akan dibahas tiga hal yang merupakan inti pertemuan diantaranya, estimasi anggaran, tahapan, dan regulasi.

Dia menjelaskan, dari pengalaman yang ada di beberapa penyelenggara pilkada, masa pendaftaran dari hari H pelaksanaan berselang selama tiga bulan. “Jadi, sebenarnya kami tidak ingin mengira-ngira waktu pendaftaran tersebut karena harus dibicarakan dengan beberapa anggota yang lain,” jelas dia.

Menurutnya, kepastian pelaksanaan tahapan pilkada di Bumi Latemmamala baru bisa ditentukan, setelah seluruh anggota KPU Soppeng menggelar rapat pleno pasca pertemuan antar 11 KPU dan KPU Sulsel.

“Setelah mendapat kepastian itu, baru dapat menyusun tahapan yang akan disesuaikan dengan 10 kabupaten/kota. Jika pun ada perbedaan, paling 1-2 hari. Intinya, kami menunggu hasil pertemuan itu,” tandasnya.

Hal tersebut termasuk jadwal pemutakhiran data pemilih tetap Pilkada Soppeng 2010. Sementara pelaksanaan pemungutan suara pilkada sesuai kesepakatan KPU Provinsi Sulsel dan KPUD di 11 kabupaten/ kota sepakat serentak dilaksanakan 23 Juni 2010. (arif saleh/abdullah nicolha).

No comments: