Wednesday, August 12, 2009

Mamuju Prioritaskan Lima Kecamatan

PENGANGKATAN GURU
Saturday, 01 August 2009

MAMUJU (SI) – Pemkab Mamuju tahun ini akan memprioritaskan penambahan guru di lima kecamatan. Pasalnya,tenaga pengajar di daerah tersebut dinilai masih sangat kurang.

Kelima kecamatan tersebut, di antaranya Kecamatan Kalumpang, Tommo, Bonehau, Topoyo, dan Pangale. “Ketersediaan tenaga pengajar di lima kecamatan itu masih sangat minim, makanya diprioritaskan,” kata Kepala Seksi Ketenagakerjaan TK,SD,dan SDLB Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Mamuju Firman Hidayat di ruang kerjanya belum lama ini.

Menurut dia, hal tersebut sesuai rencana dan tekad pemerintah setempat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut. Banyak tenaga pengajar di sebagian besar wilayah terpencil di Mamuju yang hanya memiliki ijazah SMP dan SMA dan telah mengajar selama dua tahun.

Kondisi itu membuktikan bahwa selama jangka waktu itu, pengadaan guru masih sangat kurang, bahkan mungkin belum pernah dilakukan. “Pengangkatan guru justru dilakukan di kota, bahkan di Kecamatan Tommo terdapat beberapa sekolah yang hanya memiliki satu guru. Hal ini jelas akan berdampak pada kualitas pendidikan karena tidak memiliki standar pelayanan minimum,”ungkapnya.

Pihaknya juga mengakui bahwa pemerintah selama ini sangat terbantu dengan kehadiran guru sukarela. Tanpa mereka, proses belajar mengajar tidak akan bisa berjalan dengan baik. Selama ini ada kecenderungan pengangkatan guru yang kurang seimbang apalagi di daerah terpencil. Karena itu, pada tahun ini pengangkatan guru di Kecamatan Mamuju tidak akan dilakukan, dengan pertimbangan bahwa jumlah guru di kecamatan itu sudah memadai.

Selain di lima kecamatan tersebut, penambahan juga akan dilakukan di beberapa daerah lain. “Secara ideal, pengangkatan guru sebaiknya warga yang berasal dari daerah asli karena kalau dari daerah lain biasanya lebih sulit. Kalau tidak,ada semacam ikatan dinas untuk ditempatkan di daerah tersebut,”ujarnya.

Firman juga mengaku, pihaknya tidak dapat berbuat banyak menghadapi kondisi tersebut. Sementara itu,Kepala BKDD Mamuju Amin Jasa yang dihubungi kemarin tidak berhasil. Namun, informasi yang beredar,masa penerimaan CPNS di Bumi Manakarra tersebut akan dibuka dalam waktu dekat ini. (abdullah nicolha)

No comments: