Monday, September 8, 2008

Bupati Lutim Bantu Warga Miskin di Burau

Sunday, 07 September 2008

MALILI (SINDO) – Bupati Luwu Timur (Lutim) Andi Hatta Marakarma memberikan bantuan kepada para warga miskin yang berada di Kecamatan Burau saat menggelar safari Ramadan bersama para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Lutim, kemarin.

Pemberian bantuan tersebut dikemas dalam bentuk bingkisan sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada warga kurang mampu dan merupakan ajang silaturahmi masyarakat Burau dengan camat yang baru. ”Camat Burau sebelumnya, Ansar Rachman dimutasi ke Inspektorat dan digantikan oleh Muh Salman,” kata Bagian Humas Lutim Yulius Patappa kepada SINDO,kemarin.

Selainitu,DewanPengurus Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Luwu Timur,juga menyalurkan dana BAZ kepada masing-masing empat orang guru mengaji, empat orang pegawai sa’ra dan satu orang untuk siswa berprestasi.

Bupati Lutim Andi Hatta Marakarma menyatakan, safari Ramadan merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilakukan oleh Pemkab Lutim sebagai ajang silaturahmi sekaligus menjadi ajang interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk mendapatkan masukan tentang apa yang harus dilakukan pemerintah untuk menyejahterakan rakyatnya.

Menurut Hatta,selama kurang lebih tiga tahun memimpin Lutim bersama Wakil Bupati Saldy Mansyur, telah banyak pembangunan yang dilakukan dan hasilnya telah dinikmati oleh masyarakat, namun ternyata masih banyak yang perlu dilakukan untuk kepentingan masyarakat.

”Oleh karena itu, dukungan dan partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk memberikan masukan bahkan kritikan kepada pemerintah daerah demi perbaikan di masa mendatang,”katanya.

Khusus untuk pembangunan di Kecamatan Burau, selama kurun waktu tiga tahun menjabat, lanjut Hatta, sedikitnya dana yang masuk ke daerah ini berkisar Rp25 miliar yang digunakan untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur yang ada di wilayah ini.

”Makanya, kami minta masyarakat untuk mengawasi penggunaannya sesuai dengan keinginan masyarakat setempat,” kata Hatta. Kepada Camat Burau, Bupati meminta agar selalu berada di lapangan untuk mengetahui apa yang menjadi kesulitan warga serta peka terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat.

”Jangan menganggap diri lebih hebat dan tahu segalanya, tetapi sebagai kader muda harus lebih banyak belajar dari masyarakat dan hendaknya menjadikan masyarakat sebagai mitra.Yang lebih penting adalah layanilah warga dengan tulus dan ikhlas,” kata orang nomor satu Lutim ini.

Hatta juga menyebutkan, pada anggaran 2009 ini, program pemerintah akan lebih banyak berpihak kepada kepentingan masyarakat seperti pemberian santunan kepada warga yang meninggal, fasilitas ambulans bagi warga yang membutuhkan, dan pemberian KTP dan Akte Kelahiran gratis bagi masyarakat. (abdullah nicolha)

No comments: