Sunday, April 12, 2009

27 Proyek Irigasi Segera Dilelang

Sunday, 12 April 2009
MAMUJU(SI) – Sedikitnya 27 proyek irigasi di lima kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar) segera dilelang pada pertengahan April mendatang.

Kepala Bidang Pengairan dan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sulbar Aco Zainuddin menyatakan, panitia pelelangan saat ini sedang menyiapkan bahan dan masih berkoordinasi dengan panitia terkait mekanisme pelelangan.

Dia juga menyatakan, pihaknya akan menggelar pelelangan tersebut sekitar pertengahan April mendatang.Pasalnya,masa tahapan proses tender maksimal 37 hari sesuai aturan yang ada. Dengan demikian, pengerjaan proyek diperkirakan dapat dimulai pada Juni mendatang, mengingat anggaran yang digunakan dalam proyek tersebut tidak terlalu besar sehingga masa penyelesaian ditargetkan selama 120 hari.

Proyek irigasi peningkatan daerahirigasitersebutsebanyak27, yang tersebar di lima kabupaten di Sulbar. Sementara daerah yang memiliki proyek terbanyak berada di Kabupaten Mamuju dan Mamasa.

Informasiyangdihimpun SI,anggaranuntuk proyek tersebut berasal dari dana alokasi khusus (DAK) pada APBD Sulbar 2009,yakni Rp24 miliar lebih dengan pembagian dari DAK mencapai Rp22 miliar lebih dan dari dana pendamping Rp2 miliar lebih.

Dari 27 proyek tersebut hanya delapan proyek yang memiliki anggaran melebihi Rp1 miliar. “Memang rata-rata anggarannya hanya sekitar Rp700 juta dan volume pekerjaannya kecil.Proyek ini kanhanya peningkatan daerah irigasi,seperti pemasangan pipa untuk saluran yang tertutup atau pemasangan batu,”katanya. (abdullah nicolha).

No comments: