Wednesday, June 3, 2009

Pemasangan Kabel Telkom Molor

Saturday, 30 May 2009
MAMUJU (SI) – Pemasangan kabel PT Telkom dari Kabupaten Majene menuju Mamuju yang ditargetkan rampung pada Maret lalu molor.

Pasalnya, pihak perusahaan terkendala pada pelebaran jalan yang ada di sepanjang jalan yang menghubungkan dua daerah tersebut.

Junior Manajer Kantor Cabang Telkom (Kancatel) Mamuju Agustinus menyatakan, jadwal pemasangan kabel tersebut ditargetkan selesai maret lalu.namun, hal itu terpaksa tertunda karena proyek pelebaran jalan sering memotong kabel yang telah tertanam.

“Seperti contoh pelebaran jalan yang ada di desa botteng.tidak adanya koordinasi sejak awal, banyak kabel fiber optik yang putus akibat aktivitas mobil pengeruk tanah,” ungkapnya kepada wartawan di Mamuju belum lama ini. padahal, satu lembar kabel fiber optik hanya memiliki tebal sama seperti rambut dan sangat mudah terputus.

“Bisa dibayangkan, dalam satu kali mobil sebesar itu mengeruk tanah, berapa kabel yang bisa terputus,”ujarnya. Jika satu kabel terputus, 960 jaringan telepon pelanggan pun tidak dapat digunakan.“Makanya kalau ada kabel yang putus, terpaksa kami harus menggantinya lagi. Nah, inilah yang membuat pemasangan kabel menjadi lama,”tutur dia.

Karena itulah, lanjut Agustinus, terpaksa mendapatkan sanksi berupa denda. saat ini perbaikan dan pemasangan kabel masih terus dilakukan dan ditargetkan juli mendatang seluruhnya sudah dapat diselesaikan.

Setelah itu,barulah pihak kancatel mamuju dapat menggunakan soft switch.apabila alat itu sudah dioperasikan, satelit yang selama ini digunakan kancatel mamuju dapat diganti.

Meskipun memiliki ukuran yang tidak begitu besar,alat itu dapat digunakan untuk pelanggan yang jumlahnya jauh lebih banyak dari sebelumnya. sebelumnya, sejumlah warga mamuju mengeluhkan tidak stabilnya layanan telepon rumah di daerah tersebut.

Selain suara yang tidak jelas,telepon rumah yang digunakan kadang tersambung, tetapi langsung kembali terputus. (abdullah nicolha).

No comments: