Monday, June 1, 2009

Ratusan Warga Mapilli Tak Masuk Daftar Pemilih

Monday 01 June 2009
POLEWALI (SI) – Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 8 Juli mendatang, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) masih mengandung masalah. Terbukti, ratusan warga di Kecamatan Mapilli tidak terdaftar dalam DPT.

Hal tersebut terkuak saat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polman menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah desa hingga ke dusun di kecamatan tersebut.

Kegiatan yang dilakukan Panwaslu tersebut dilakukan sejak dua hari terakhir dan berhasil menemukan ratusan warga yang tidak terdaftar sebagai pemilih. Padahal, pekan lalu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polman telah menetapkan 267.000 pemilih tetap yang tersebar di 16 kecamatan di daerah tersebut.

Seperti yang terjadi di Dusun Massandra, Kecamatan Mapilli, puluhan warga setempat ditemukan belum terdaftar namanya di DPT. Padahal, warga mengaku bahwa, pihaknya telah berkali-kali mengadu ke petugas validasi pemilih namun, sebagian warga tetap luput dari pendataan petugas.

Arifin ,33, salah seorang warga Mapilli mengaku kecewa berat dengan kinerja petugas KPU Polman yang tidak mendaftarkan dua orang anaknya sebagai pemilih di DPT.

“Yang jelas saya merasa kecewa kepada petugas KPU yang tidak mendaftarkan dua orang anak saya, padahal sudah saya laporkan,” kata Arifin dengan nada kecewa.

Ketua Panwaslu Kecamatan Mapilli Suardi Toni menyatakan, pihaknya akan terus melakukan razia untuk membantu warga yang tidak terdaftar sebagai pemilih di DPT, hingga batas akhir pendataan yakni hari ini (kemarin) 31 Mei. “Kami tetap akan berupaya membantu warga yang tidak terdaftar,” tegas Suardi. (abdullah nicolha).

No comments: