Monday, June 14, 2010

Syamsu Niang Terkaya, Andi Taufan Termiskin

Monday, 14 June 2010
WATANSOPPENG(SI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng telah menerima laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) milik masing-masing pasangan calon yang maju di Pilkada Soppeng 2010, dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin.

Berdasarkan hasil LHKPN tersebut, calon bupati terkaya yang bertarung di Pilkada Soppeng adalah Syamsu Niang sebesar Rp7,5 miliar yang meliputi harta bergerak dan tidak bergerak. Sementara cabup termiskin yang memiliki harta kekayaan paling sedikit,yaitu Andi Taufan Made Alie sebesar Rp317 juta.

Ketua Divisi Penyelenggara Pemilu KPU Soppeng Marwis mengungkapkan, jumlah harta kekayaan para pasangan calon tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diterima KPU.

Laporan harta kekayaan ini perlu diketahui publik untuk memudahkan melakukan kontrol terhadap setiap pejabat negara.“Termasuk terhadap pasangan cabup-cawabup yang nanti terpilih dalam Pilkada Soppeng tahun ini,”ujarnya.

Sementara untuk pelaporan dana awal kampanye cabup-cawabup yang saat ini telah dilaporkan ke KPU adalah paket ASmo- BERKHARISMA memiliki dana awal kampanye terbesar, yakni Rp2,1 miliar,sementara paling kecil paket SULAPA hanya Rp1 juta.

Berdasarkan data yang dihimpun, paket AKAR merupakan pasangan terbanyak kedua yang memiliki dana awal kampanye sebesar Rp927 juta, disusul paket SAUDARATA sebesar Rp204 juta, kemudian paket HIBAH Rp78 juta. Sementara paket ATM-Suka Rp55 juta dan pasangan AS-SALAM sebesar Rp3 juta.

Divisi Pokja Kampanye KPU SoppengAsniati menyebutkan,jumlah tersebut merupakan dana awal yang disampaikan tujuh pasangan dengan melalui tiga tahap pelaporan.

Tahap awal dimulai 9 April hingga 5 Juni, kemudian tahap pertama 6–20 Juni. Menurutnya, hal tersebut akan diaudit setelah pencoblosan yang meliputi penerimaan dan penggunaan dana kampanye.

“Paling lambat 26 Juni atau tiga hari pascapemungutan suara dan harus masuk di akuntan publik,”tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: