Friday, February 18, 2011

Golkar Didominasi Wajah Baru

Saturday, 19 February 2011
MAKASSAR(SINDO) – Wajah baru disebut-sebut  mendominasi struktur kepengurusan Partai Golkar  Makassar periode 2010–2015.Jajaran pengurus  Golkar Makassar ini rencananya akan dilantik  Senin (28/2).


Selain didominasi wajah baru, jumlah  pengurus DPD II Golkar Makassar  di bawah kendali Ketua DPD  II Supomo Guntur, juga tergolong  gemuk, yakni mencapai 196 orang.  Jumlah pengurus ini hampir tiga  kali lipat dari jumlah pengurus periode  lalu yang hanya 70-an orang.

Sebelum resmi menjadi pengurus,  para kader Golkar tersebut  akan mengikuti pembekalan yang  dikemas dalam acara Orientasi  Golkar Makassar yang akan digelar  Senin (21/2),di Sekretariat DPD  II Golkar Makassar.

“Saya belum tahu nama-namanya  (pengurus) karena masih dipegang  tim formatur.Yang jelas,hampir  80% yang menjabat sebagai  pengurus adalah orang baru,”tutur  penanggung jawab kegiatan orientasi,  Iswan Setyo Utama,kemarin.

Munculnya wajah baru yang sebelumnya  bukan merupakan kader  Golkar di kepengurusan Golkar  Makassar lima tahun ke depan  ini mengundang protes kader senior  Golkar Makassar Yusuf Gunco.

Yusuf Gunco menuding tim formatur  tidak objektif dalam menyusun  kepengurusan karena ada kader  partai lain yang diakomodir dalam  kepengurusan.Yusuf Gunco melakukan  protes karena dia hanya ditempatkan  di posisi Dewan Pertimbangan  (Wantim).

Sementara itu, Ketua DPD II  Golkar Makassar terpilih Supomo  Guntur dijadwalkan memberi materi  pada kegiatan orientasi calon  pengurus Golkar Makassar itu.

Menurut  penanggung jawab kegiatan  orientasi, Iswan Setyo Utama, kegiatan  itu bertujuan mengingatkan  kembali tentang platform dan  peraturan partai kepada kader.  “Kegiatan ini hanya sebatas penyegaran  tentang visi-misi partai,  sekaligus bentuk silaturahmi kader,”  tandas dia.

Sekretaris terpilih DPD II Golkar Makassar, Farouk M Betta,menambahkan,  kegiatan tersebut untuk  memaparkan tugas dan tanggung  jawab para pengurus.

Ketua  Fraksi Golkar DPRD Makasasr ini  menyebutkan,para pengurus yang  berjumlah 196 orang itu terbagi dalam  16 bidang.Bidang tersebut,antara  lain Bappilu, organisasi, kaderisasi,  penelitian dan pengembangan  (litbang),dan humas.  “Lima bidang ini adalah roh  partai,”tutur dia kemarin.

Nuansa Tradisional 

Pelantikan pengurus Partai  Golkar Makassar rencananya akan  dikemas dalam nuansa tradisional  dan religi.Pelantikan pengurus itu  rencananya digelar di Hotel Clarion,  Makassar,Senin (28/2).

Sekretaris terpilih DPD II  Golkar Makassar Farouk M Betta  menyatakan, pelantikan itu akan  lebih banyak menampilkan nuansa  tradisional dan religi untuk lebih  membangkitkan semangat kebangsaan  para kader dan simpatisan  partai beringin.

“Nanti akan banyak warna tradisional  dan religinya, seperti penyajian  musik-musik to riolo (tempo  dulu),”kata legislator DPRD Kota  Makassar ini kemarin.

Acara pelantikan Golkar kali  ini berbeda dengan yang dilakukan  di beberapa daerah di Sulsel  yang memilih tempat terbuka (outdoor)  dan memperlihatkan kekuatan  Golkar.

“Di Makassar tidak seperti  itu.Kami tidak akan jorjoran  dalam pengerahan massa dan hanya  menggelarnya di dalam ruangan,”  tutur Aru,sapaan akrab Ketua  Fraksi Golkar DPRD Makassar ini.

Kendati demikian, pihaknya  optimistis acara tersebut akan dihadiri  ribuan kader dan simpatisan  dengan melihat struktur kepengurusan  saat ini yang hampir 200  orang.

“Jika kami memobilisasi massa,  dengan jumlah pengurus itu saja  sudah cukup.Apalagi jika masing-  masing pengurus mengikutkan  10 orang. Artinya, kan sudah  ada hampir 2.000-an orang yang hadir,”  papar dia.  (mulyadi abdillah/ abdullahnicolha)

No comments: