Saturday, October 30, 2010

Calhaj Diminta Waspadai Cuaca Panas

Minggu, 24 Oktober 2010
Dokter Anjurkan Perbanyak Minum Air

MAKASSAR (SINDO) – Calon haji embarkasi Makassar diminta mempersiapkan fisik lebih baik. Pasalnya,kondisi cuaca Kota Mekkah sangat panas dengan suhu mencapai 36 derajat Celsius.

Kondisi tersebut terbalik dengan cuaca di Kota Madinah yang berkisar pada suhu 25.0 Celsius.Sementara kelembaban di Madinah minimal 22.0 Celsius dan maksimal 89.0
lebih tinggi dibanding di Mekkah, yakni minimal 29.0 Celsius atau maksimal 65.0 Celsius.

Kendati kelembaban lebih tinggi, pihak medis PPIH Embarkasi Makassar tetap menganjurkan para calon haji (calhaj) tetap memperbanyak minum air untuk meminimalisasi dehidrasi.

Alasannya, kelembaban yang ada di Arab Saudi rendah dan tidak mengandung air sehingga penguapan lebih banyak terjadi dan tanpa terasa orang akan haus. “Udara tidak panas,tapi kelembaban yang ada tidak mengandung air.

Akibatnya, calhaj akan merasa kering dan panas,” kata Kabid Kesehatan PPIH Embarkasi Makassar dr Irwan kepada SINDO kemarin.

Selain dianjurkan memperbanyak minum air,calhaj juga disarankan menggunakan masker yang selalu dibasahi air agar bibir tidak kering atau pecah-pecah.Apalagi,cuaca
di Mekkah dan Madinah sangat berbeda dengan iklim di Indonesia.

Salah seorang calhaj yang tergabung dalam kloter 13 Makassar, Kasim bin Wahab, yang dihubungi SINDO mengaku, cuaca yang dirasakan para jamaah di Madinah saat ini sangat panas.

Bahkan kondisi tersebut dirasakan dalam empat hari terakhir. “Madinah dalam empat hari terakhir sangat panas,” ujarnya kepada SINDO kemarin.

Dia juga mengaku, kondisi jamaah saat ini khususnya yang diberangkatkan dari embarkasi Makassar, tetap dalam keadaan sehat karena tim dokter sangat proaktif mendatangi jamaah di kamar penginapan.

“Saya sangat support dan memberi apresiasi positif kepada tim medis Sulsel di Madinah,” ujar dia.

Menyinggung kondisi cuaca di Asrama Haji Sudiang dalam empat hari terakhir diguyur hujan serta mengingat kelembaban di Tanah Suci mencapai 89.0 Celsius, pihak kesehatan embarkasi Makassar mengimbau memakai pakaian hangat, masker,dan tetap harus memperbanyak minum air,serta makan makanan sehat yang berimbang. (abdullah nicolha)

No comments: