Saturday, October 30, 2010

Fasilitas MCK Asrama Haji Dikeluhkan

Selasa, 19 Oktober 2010
MAKASSAR(SINDO) – Sejumlah calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar),mengeluhkan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) di Asrama Haji Sudiang.Pasalnya, di sejumlah kamar,air tidak mengalir lancar.

Calhaj mengaku, mereka sangat kesulitan karena harus berpindah ke kamar hanya untuk mandi, buang hajat,dan berwudu.Kondisi tersebut terjadi di kamar 4 Wisma 8 yang mengakibatkan penghuni kamar mengeluh.

“Air tidak mengalir sehingga kami sangat kesulitan melaksanakan salat subuh dan mandi, serta buang air,” kata salah seorang calhaj Sukma, 50, kepada wartawan, kemarin.

Padahal, air merupakan kebutuhan mendasar yang harus disediakan pihak pengelola Asrama Haji Sudiang untuk keperluan calon haji.Bahkan,ada beberapa calhaj yang terpaksa tidak melaksanakan salat subuh tepat pada waktunya karena tidak mendapatkan
air untuk wudu.

Banyak juga calhaj yang terpaksa menumpang di kamar lain untuk mandi pagi. Ada pula yang menggunakan kamar mandi masjid.

Beruntung, persediaan air di sejumlah kamar dan masjid masih bisa digunakan wudu dan mandi. “Seharusnya pengelola asrama memperhatikan hal-hal semacam ini sehingga calon haji tidak mengalami kesulitan melaksanakan rutinitas,seperti salat dan mandi,”
ujarnya.

Fasilitas dan pelayanan lain di Asrama Haji Sudiang sudah cukup memadai, tapi membutuhkan sedikit perbaikan. “Secara keseluruhan fasilitas lain kondisinya cukup
baik. Hanya pengelola harus sudah melakukan perbaikan instalasi air agar calhaj yang akan masuk tidak lagi mengalami kesulitan serupa,”tandasnya.

Calhaj lainnya,Baharuddin,45, juga mengaku, terpaksa mandi di masjid karena air di kamarnya tidak mengalir lancar. (abdullah nicolha)

No comments: