Saturday, October 30, 2010

Dua Calhaj Polman Batal Berangkat

Rabu, 20 Oktober 2010
MAKASSAR (SINDO) – Dua calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), yang tergabung dalam kloter 10, batal berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

Alasannya, satu di antara mereka, yakni Sittiara binti Zain Katu, dinyatakan hamil. Sementaracalhaj lainnya,Suryati Latto binti Labenga, baru saja melahirkan.Pengurus haji setempat memutuskan membatalkan pemberangkatannya hingga musim haji tahun depan.

Tim kesehatan calhaj asal Kabupaten Polman Sulbar Sitti Aisyah Ibrahim mengatakan, keduanya terpaksa dibatalkan karena sedang dalam kondisi hamil dan baru saja melahirkan.

“Sesuai ketentuan,calhaj tidak diperbolehkan berangkat jika dalam kondisi hamil karena dapat mengganggu proses ibadah haji,” tuturnya.

Calhaj yang masih dalam kondisi hamil, bisa diberangkatkan jika masih dalam usia kandungan tertentu karena masih dianggap bisa melaksanakan ibadah haji.

Sementara calhaj yang baru saja melahirkan juga tidak diberangkatkan karena kondisi kesehatannya masih sangat rentan dan juga masih harus memberikan ASI (air susu ibu) kepada anaknya.

“Untuk dua kuota kedua calhaj yang batal berangkat itu belum diganti calon lainnya,” ungkapnya.

Pembatalan keberangkatan dua calhaj asal Polman ini sudah dilakukan sejak dalam proses oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Polman.

Dengan pembatalan keberangkatan dua calhaj ini,jumlah calhaj asal Sulbar yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci mencapai 353orang,ditambah dengan lima tim medis dan petugas PPIH setempat. (abdullah nicolha)

No comments: