Saturday, October 30, 2010

Lima Ciri Calhaj Asal Sulsel

Sabtu, 23 Oktober 2010
MAKASSAR (SINDO) – Calon jamaah haji (calhaj) asal embarkasi Makassar yang saat ini di Madinah memiliki enam ciri khas dibanding jamaah daerah dan negara lainnya.

Kendati karakter tersebut masih terlihat pada calhaj umumnya asal Indonesia dari berbagai daerah.Namun, yang paling terlihat adalah calhaj asal pemberangkatan embarkasi Makassar.

Kasim bin Wahab, salah seorang calhaj yang tergabung dalam kloter 13 Makassar, menyebutkan, calhaj Makassar memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri dari jamaah Indonesia.

Saat berada di Madinah, calhaj banyak yang memakai batik, banyak juga memakai sarung saat menuju ke masjid. “Mereka juga rajin pakai identitas negara dan daerah, dan
suka jalan bergerombol, serta memakai songkok hitam atau peci nasional,” katanya kepada SINDO via ponsel saat berada di Madinah,kemarin.

Sementaradarisegipopulasi, para calhaj asal Indonesia masih dominan dari seluruh yang ada di Madinah saat ini. “Dari segi populasi, kami dari Indonesia dominan, lalu jamaahTurki dan Afrika,”tutur dia. (abdullah nicolha)

No comments: