Saturday, February 12, 2011

Ilham Arief Sirajuddin Jadi Jurkam Dalipang-Simon

Selasa 4 Januari 2011
RANTEPAO (SINDO) – Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Ilham Arief Sirajuddin akan berkampanye untuk pasangan YS Dalipang-Simon Liling (DS3) pada kampanye putaran kedua Pilkada Toraja Utara yang berlangsung 5–8 Januari.

Ilham yang juga Wali Kota Makassar itu,dijadwalkan tiba di Toraja Utara, Jumat (7/1).Wakil ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara Henock Palungan membenarkan rencana kedatangan Ilham di Toraja Utara.Demokrat termasuk salah satu pendukung DS3 bersama PDIP dan 10 partai politik (parpol) anggota koalisi lainnya.

Henock mengatakan, Demokrat tidak ingin lagi mengalami kekalahan seperti yang terjadi pada putaran pertama lalu saat mengusung pasangan Andarias Palino Popang-Sarah Lallo (Assa). Di putaran kedua, Demokrat berkomitmen all-out memenangkan pasangan DS3 menuju kursi bupatiwakil bupati Toraja Utara periode 2011–2016.

Ilham diharapkan mampu menarik simpati warga Toraja Utara karena punya kedekatan emosional dengan warga setempat. Ilham disebut masih memiliki garis keturunan Toraja. “Ilham langsung turun tangan mengampanyekan pasangan DS3 di tengah-tengah masyarakat Toraja Utara.Kami harap ini membawa pengaruh besar bagi DS3,”ungkap dia kemarin.

Ketua Angkatan Muda Demokrat Indonesia (AMDI) Toraja Utara itu mengatakan, kedatangan Ilham di kabupaten termuda di Sulsel itu juga dalam rangka konsolidasi kader Demokrat.Semua mesin partai Demokrat mulai tingkat bawah hingga tingkat paling atas akan dimobilisasi guna menggalang dukungan masyarakat demi memenangkan pasangan DS3.

Ke-12 parpol koalisi pendukung DS3 di bawah kepemimpinan Ilham saat ini semakin solid. Koalisi itu akan bahu-membahu menggalang dukungan pada sisa waktu yang ada. Demokrat akan berhadapan dengan sejumlah partai besar di Toraja Utara, termasuk Partai Golkar dan PDS.Pilkada Toraja akan digelar 11 Januari mendatang.

Ketua KPU Toraja Utara Yohanis Banga Rombe menyatakan, kampanye putaran kedua pilkada akan berlangsung selama tiga hari,mulai 5–8 Januari.Selama masa kampanye, dua pasangan cabupcawabup yang lolos di putaran kedua bersama tim pemenangannya tidak dibenarkan menggelar kampanye terbuka.

“Kampanye putaran kedua hanya berupa penajaman visi-misi dan itu hanya dilakukan di ruangan tertutup,”tandasnya.

Putaran kedua Pilkada Toraja Utara diikuti dua pasangan yang perolehan suaranya berada di peringkat pertama dan kedua dari tujuh pasangan calon yang berkompetisi di putaran pertama lalu.

Keduanya, yakni pasangan nomor urut 6 Frederik Batti Sorring-Frederik Buntang Rombe Layuk (Sobat) dan pasangan nomor urut 3 YS Dalipang-Simon Liling (DS3).

Sementara itu, memasuki putaran kedua PilkadaTanaToraja,Partai Demokrat sebagai salah satu pendukung DS3 optimistis memenangkan pertarungan. “Kami tidak menargetkan berapa suara, tapi yang jelas kami ingin menang di Pilkada Torut,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPC Demokrat Toraja Utara Jamaluddin Rustam,kemarin.

Menurut dia,optimismenya itu didasarkan pada figur Dalipang yang sangat dikenal di kalangan masyarakat Toraja Utara.Dalipang dinilai sangat berperan dalam pemekaran Toraja Utara.

“Demokrat akan bekerja keras dari bawah. Apalagi, kami diperkuat dengan masuknya 11 parpol lain yang memiliki massa riil,” tutur mantan calon wakil bupati Gowa ini.

Selain Partai Demokrat,11 parpol yang akan bekerja keras untuk memenangkan paket yang mendaftar melalui jalur perseorangan itu diantaranya, PDI Perjuangan, PKD Indonesia,PDP,PIB,Hanura, Partai Pelopor,PNBK,PAN,Partai Serikat Indonesia, PIS dan Partai Merdeka.

Pada putaran pertama lalu, pasangan Sobat menempati urutan pertama dengan perolehan 30.236 suara atau 27,25%. Di urutan kedua, pasangan DS3 dengan perolehan 27.014 suara atau 24,34%. (joni lembang/abdullah nicolha/mulyadiabdillah).

No comments: