Wednesday, February 9, 2011

11 Jamaah Embarkasi Makassar Wafat

Saturday, 13 November 2010
MAKASSAR (SINDO) – Menjelang pelaksanaan wukuf di Padang Arafah, tiga calon haji (calhaj) yang diberangkatkan melalui embarkasi Makassar kembali dilaporkan meninggal dunia di Tanah Suci.


Mereka di antaranya Zainal Arifin HS bin Hibbusyam, warga Papua Barat yang tergabung dalam kloter 21; Safar bin Bisnu, warga Maluku Utara kloter 8; dan satu calhaj perempuan warga Gorontalo Sumiyati binti Sudarman. “Ketiganya meninggal di Mekkah,” ujar Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Dokumen PPIH Embarkasi Makassar Solihin kepada SINDO di ruang kerjanya kemarin.

Jumlah tersebut menambah daftar calhaj asal embarkasi Makassar yang meninggal dunia di Tanah Suci menjadi 11 orang.Penyebab meninggalnya jamaah itu sebagian besar karena sistem sirkulasi dan sebagian lagi karena sistem pernapasan. Ke-11 orang tersebut berasal dari daerah berbeda di delapan provinsi yang menggunakan embarkasi Makassar sebagai tempat pemberangkatan calhaj pada musim haji tahun ini.

Berdasarkan data yang dihimpun, hingga Jumat (12/11), calhaj asal Maluku Utara (Malut) dilaporkan 3 orang meninggal,Papua dan Papua Barat masing-masing 2 orang, sementara Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat,Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo masing-masing 1 orang.

Solihin menyebutkan, hingga saat ini 15.000 lebih calhaj asal embarkasi Makassar saat ini berada di Mekkah dan menunggu pelaksanaan wukuf di Padang Arafah yang tinggal beberapa hari lagi. “Seluruh jamaah saat ini sudah berada di Mekkah,”tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: