Saturday, February 12, 2011

Ilham Batal Kampanye di Toraja Utara

Sabtu 8 Januari 2011
MAKASSAR (SINDO) – Ketua terpilih DPD Partai Demokrat Sulsel Ilham Arief Sirajuddin dipastikan batal mengampanyekan pasangan YS Dalipang-Simon Liling (DS3) di pilkada putaran kedua Toraja Utara.

Sedianya,Wali Kota Makassar itu dijadwalkan tiba di Toraja Utara hari ini. Namun,Ilham yang juga Ketua Umum PSM Makassar ini lebih memilih menghadiri pembukaan  Liga Primer Indonesia (LPI) di Kota Solo.

Kendati demikian,Ilham menegaskan seluruh kader Demokrat di Toraja Utara dan Sulsel tetap akan menyosialisasikan YS Dalipang-Simon Liling untuk meraih kemenangan di daerah pecahan Tana Toraja itu.

Ilham berharap pelaksanaan Pilkada Tana Toraja yang berakhir rusuh tidak terulang di Toraja Utara. “Kita berharap Pilkada Toraja Utara berjalan dinamis dan sesuai dengan harapan masyarakat. Proses yang berjalan mudah-mudahan tidak akan mengulangi kasus Pilkada Toraja. Pilkada di sana harus lancar dan aman karena daerah itu memiliki potensi pariwisata,”tandasnya.

Informasi yang diperoleh SINDO, sejumlah pengurus Demokrat Sulsel yang berangkat ke Toraja Utara, antara lain Yusa Rasyid Ali, Irwan Patawari, dan Jamaluddin Rustam.

Wakil Ketua Demokrat Sulsel Andry S Arief Bulu yang dikonfirmasi menambahkan, Demokrat akan intens melakukan tatap muka dengan masyarakat Toraja Utara dalam kampanye tertutup ini.

Demokrat bersama partai koalisi lainnya akan all out memenangkan pasangan nomor urut 3 itu. Menjelang pemungutan suara putaran kedua Pilkada Toraja Utara pada Selasa (11/1), pasangan kandidat bupati dan wakil bupati Fredrik Batti Sorring-Frederik Buntang Rombe Layuk (Sobat) melatih ribuan saksi yang akan ditempatkan di tiap TPS.

Pelatihan saksi tersebut berlangsung di Tongkonan Rante, Desa Bori,Kecamatan Sesean,kemarin. Pasangan Sobat menyiapkan 1.139 saksi yang akan disebar di 372 TPS. Setiap TPS terdiri atas tiga saksi dan satu saksi di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Sementara itu, Partai Demokrat yang mendukung pasangan YS Dalipang-Simon Liling (DS3) juga melatih saksi mereka. Pelatihan saksi tersebut dilakukan selama dua hari, yakni 7-8 Januari. Saksi tersebut dilatih untuk ditempatkan di seluruh TPS.

“Kami sengaja melatih para saksi menjadi militan demi menghadapi penghitungan suara di TPS. Kita tidak ingin terjadi kecurangan, sekaligus menjaga suara DS3,” ungkap pelaksana tugas (plt) Ketua Demokrat Toraja Utara Jamaluddin Rustam,kemarin. (mulyadi abdillah/joni lembang/ abdullahnicolha).

No comments: